Kapal "Mentawai Fast" segera beroperasi di Mentawai

id Kapal cepat Mentawai Fast, kapal tujuan mentawai, transportasi kapal menuju mentawai, kapal cepat

Kapal "Mentawai Fast" segera beroperasi di Mentawai

Ilustrasi - kapal cepat (FOTO ANTARA)

.....bisa meluncur dengan kecepatan tinggi, bisa kita perkirakan sekitar 2 sampai 3 jam dari Padang ke Tuapejat....
Padang (ANTARA Sumsel) - Kapal cepat "Mentawai Fast" milik PT Mentawai Anugrah Sejahtera Mas segera beroperasi melayani transportasi antarpulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dengan waktu tempuh 2-3 jam dari Dermaga Muara Padang menuju Tuapejat.

"Mudah-mudahan akhir April nanti bisa beroperasi untuk pelayaran Padang-Mentawai, dan kita tentu bersyukur karena minat swasta untuk melakukan investasi di bidang transportasi laut di Mentawai cukup tinggi," kata Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet di Tua Pejat, Senin.

Ia mengatakan sebelumnya Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 37 bantuan Kementerian Perhubungan RI dengan kapasitas angkut sebanyak 436 orang sudah beroperasi melayani transportasi antar pulau di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kapal perintis dengan kapasitas penumpang 436 orang dan barang hingga 50 ton ini akan mengarungi pantai barat Sumatera mulai dari Teluk Bayur Padang - Mentawai ¿Painan ¿ Bengkulu, berdampingan dengan KM Ambu-Ambu, dan KM Gembolo yang terlebih dahulu melayani pelayaran di "Bumi Sikere¿ itu.

Ia menyebutkan, untuk lebih melengkapi transportasi antar-pulau, akan hadir lagi kapal cepat "Mentawai Fast" yang dikelola swasta atas bantuan Pemprov Sumbar khususnya Kapolda Sumbar yang mengajak investor menanamkan investasinya di bidang layanan transportasi laut di Mentawai.

"Atas nama masyarakat Mentawai, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar khususnya kepada Bapak Kapolda Sumbar yang membantu mendatangkan investor ke sini," ujarnya.

Direktur PT Mentawai Anugrah Sejahtera Mas yang juga sekaligus pemilik kapal Mentawai Fast Rudi Iskandar mengatakan kapal cepat yang menurut rencana bakal di-launching pada akhir April itu masih dalam proses finishing pengecatan di PT Pelindo Tanjung Uncang Batam, namun pada awal April sudah bisa berlayar menuju Padang.

"Rencananya peresmian oleh Gubernur, dan launching di Tuapejat Mentawai pada akhir April," Kata Rudi.

Kapal yang dikerjakan selama 8 bulan pada 2013, menggunakan bahan aluminium dengan biaya sebesar Rp20 miliar bisa mengangkut sebanyak 200 penumpang, ruang full AC, dengan 8 bangku disediakan untuk Kelas VIP dan juga ruang khusus untuk penumpang perokok.

Sementara tarif berkisar antara Rp275 sampai Rp280 ribu untuk penumpang dewasa, namun tarif ini masih akan dibicarakan lebih lanjut dengan Pemkab Mentawai yang diharapkan dapat memberikan subsidi.

Ia menyebutkan kapal cepat Mentawai Fast akan melayani penumpang dari Muara Padang-Tuapejat, Tuapejat - Muara Padang, M. Padang - Sikakap, Sikakap-M.Padang dan M.Padang - M.Siberut, M.Siberut - M.Padang tersebut  mempunyai panjang 34 meter, lebar 5,5 meter diperkuat dengan 3 unit mesin Volvo Sport Marine, masing-masing berkekuatan 750 PK, sehingga kapal dapat menempuh kecepatan 30 knop/jam dengan waktu tempuh pelayaran dari Muara Padang - Tuapejat Mentawai sekitar 2-3 jam.

"Kapal cepat khusus penumpang ini, dalam keadaan air laut normal dan tenang, dia bisa meluncur dengan kecepatan tinggi, bisa kita perkirakan sekitar 2 sampai 3 jam dari Padang ke Tuapejat," ujar Rudi

Ia menambahkan, untuk melengkapi persiapan operasional pada akhir April, pihaknya telah menyelesaikan pembangunan hanggar dermaga dan terminal khusus penumpang di Muara Padang, sementara untuk urusan administrasi pelayaran telah dirampungkan beberapa waktu lalu.

Pewarta :
Editor: Awi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar