Menparekraf: wisata MICE dongkrak kunjungan wisman

id menparekraf, mice, dongkrak

Menparekraf: wisata MICE dongkrak kunjungan wisman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, (Foto Antarasumsel.com/Aw)

...Menurut analisis Direktorat Pengembangan Pasar kementerian kami, beberapa event konser dunia, kegiatan konvensi internasional, serta kegiatan wisata religi merupakan pendorong meningkatnya kunjungan wisman...
Jakarta (ANTARA Sumsel)  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan wisata Meeting Incentive Convention and Exhibition (MICE) mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dalam lima bulan terakhir.
        
"Menurut analisis Direktorat Pengembangan Pasar kementerian kami, beberapa event konser dunia, kegiatan konvensi internasional, serta kegiatan wisata religi merupakan pendorong meningkatnya kunjungan wisman pada Mei 2013," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin.
        
Menurut dia, tahun 2013 adalah tahun MICE bagi Indonesia dimana banyak sekali kegiatan digelar mulai dari APEC hingga hingga Miss World di Bali.
        
Sejumlah konser dunia yang menyedot banyak pengunjung juga dilaksanakan pada tahun 2013 di antaranya Air Supply-World Tour Asia 2013, Super Junior, Lenka Live in Concert di Bali, Bandung, dan Jakarta.
        
"Selain itu ada banyak kegiatan konvensi internasional di antaranya konferensi eksplorasi pertambangan Asia Timur di Bali, Bintan Triathlon 2013 yang diikuti oleh peserta dari Singapura, Malaysia, Korea, dan Jepang," katanya.
        
Pihaknya juga menganalisis perkembangan wisata religi turut memberikan dampak positif misalnya perayaan Waisak di Candi Borobudur 2557 yang juga mendorong peningkatan kunjungan wisman.
        
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indonesia dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 3.364.884 wisman selama Januari-Mei 2013 atau tumbuh 5,79 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 3.180.779 wisman.
        
Menurut dia, hal itu menunjukkan prospek pariwisata Indonesia yang cerah sekaligus menjadi bukti Indonesia masih menjadi destinasi pariwisata yang penting.
        
Kemenparekraf telah menetapkan target kunjungan wisman 2013 dalam tiga skenario yaitu target pesimistis 8,3 juta, target moderat 8,6 juta, dan target optimistis 8,9 juta wisman.
        
Pengembangan wisata tematik termasuk MICE akan menjadi salah satu fokus utama agar target tersebut dapat tercapai secara optimal, kata Mari Elka Pangestu.

Pewarta :
Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar