Dodol pepaya ditawarkan di Palembang Expo

id pepaya, dodol pepaya

Dodol pepaya ditawarkan di Palembang Expo

Stan Palembang expo tawarkan dodol pepaya (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dodol berbahan baku buah pepaya ditawarkan di arena Palembang Expo oleh Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan setempat.

"Pepaya merupakan salah satu komoditas yang banyak dihasilkan petani di Kelurahan Talang Jambe dan diolah menjadi dodol untuk meningkatkan nilai ekonomis buah itu," kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan Kehutanan Palembang, Sudirman Tegoeh, ditemui di Sriwijaya Promotion Centre (SPC) Jakabaring, Jumat.

Menurut dia, dodol pepaya tersebut menjadi produk diandalkan warga Kelurahan Talang Jambe yang mayoritas berkebun pepaya california.

Sampai kini, warga sudah meningkatkan nilai ekonomis buah-buahan yang mereka hasilkan dengan memproduksi menjadi manisan dan dodol.

Ia mengatakan, selain dodol pepaya warga di kawasan yang tidak jauh dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II itu mengembangkan tanaman labu kuning dan tomat juga diolah menjadi makanan.

Pemkot tentunya secara rutin melakukan pembinaan dan pelatihan kepada warga di daerah.

Dia menjelaskan, stan Palembang Expo Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan juga menawarkan beragam hasil tanaman warga di daerah itu, seperti pisang dan ubi-ubian.

Selain itu, pameran juga mengajak masyarakat untuk datang ke Taman Kupu-kupu dan agropolitan Pulokerto.

Sementara pameran dijadwalkan berlangsung 13-17 Juni di SPC Jakabaring yang diikuti 110 peserta dari berbagai daerah, termasuk dari Yogyakarta, Semarang dan Sumatera Utara.*