Tim sepak takraw Sumsel jalani pelatda persiapan Popnas 2013

id sepak takraw, popnas 2013

Tim sepak takraw  Sumsel jalani pelatda persiapan Popnas 2013

Ilustrasi - Tim sepak takraw (FOTO ANTARA/Feny/13)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan menggelar pemusatan latihan sepak takraw sejak lima bulan lalu untuk mempersiapkan atlet mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional di Jakarta, September 2013.

"Target pada Popnas nanti meraih medali, jadi atlet sudah digenjot sejak beberapa bulan lalu berlatih secara intensif yakni dua kali dalam sehari dan libur hanya satu hari dalam sepekan," kata Pelatih Sepak Takraw Sumsel Candra Chaniago di Palembang, Rabu.

Ia mengemukakan, untuk mematangkan persiapan mengikuti ajang bergengsi antarpelajar itu, belasan atlet Popnas ini akan mengikuti uji coba pada turnamen Andalas Cup se-Sumatera di Riau pada Mei, dan Kartini Cup di Sulawesi Selatan, Juni mendatang.

"Uji coba ini lebih difokuskan untuk pematangan mental atlet, karena secara teknik bisa dikatakan sudah baik rata-rata merupakan atlet PON Riau lalu," ujarnya.

Pada POPNAS nanti, Sumsel hanya menurunkan tim putri yang terdiri atas, Violiga Maysuarlie, Imelda, Reni, Elyani, Febbi dan Ropivah mengikuti dua nomor yaitu regu dan double event.

"Atlet putra gugur di Pekan Olahraga Wilayah sebagai ajang seleksi mengikuti Popnas. Meskipun hanya mengirim atlet putri, tidak mengurangi ambisi Sumsel menjadi provinsi yang terbaik untuk cabang olahraga sepak takraw di Indonesia pada tahun-tahun mendatang," katanya.

Oleh karena itu, meskipun tim putra tidak ambil bagian di Popnas, tapi Sumsel tetap menyertakan pada ajang Andalas Cup 2013.

"Tim putra harus banyak jam terbang supaya lebih percaya diri dan memiliki motivasi lebih ketika bertanding," katanya.

Sementara ini, prestasi sepak takraw Sumsel belum mampu berbicara pada ajang tingkat nasional.

Meskipun sejumlah atlet masuk dalam Tim Nasional tapi secara tim kurang begitu disegani, dan hal ini terlihat saat PON Riau lalu yang tak pernah memetik kemenangan dari babak penyisihan grup.

"Sepak takraw Sumsel baru mulai bergeliat, dan saat ini atletnya rata-rata pelajar. Justru keadaan ini suatu harapan baik, karena memiliki atlet muda layaknya aset pada masa datang," ujarnya.