Mantan drummer Iron Maiden Clive Burr tutup usia

id drum Iron Maiden Clive Burr

Mantan drummer Iron Maiden Clive Burr tutup usia

Iron Maiden Clive Burr (Foto ANTARA/Reuters)

London (ANTARA/Reuters) - Mantan penggebug drum Iron Maiden Clive Burr, yang bermain dalam tiga album pertama  band heavy metal tengara Inggris, telah meninggal dunia dalam usia 56 tahun, kata grup itu pada Rabu.

Burr, yang telah menderita berbagai sclerosis, meninggal dengan "damai dalam tidurnya di rumah" di London pada Selasa dan berada dalam kesehatan yang buruk selama beberapa tahun, kata band ini dalam satu pernyataan yang diposting di situs web mereka.

"Dia adalah orang yang indah dan drummer menakjubkan yang memberikan kontribusi berharga kepada Maiden pada hari-hari awal ketika kami mulai keluar," kata pendiri Iron Maiden dan pemain bas Steve Harris dalam satu pernyataan.

"Ini adalah hari yang menyedihkan bagi semua orang di band dan juga orang-orang yang ada di sekitar dia, dan pikiran kita,  belasungkawa kita, bersama dengan pasangannya  Mimi serta  keluarganya saat ini," kata  Harris.

Dilahirkan di London, Burr bergabung dengan band pada tahun 1979 dan memainkan album debutan mereka sendiri pada 1980, yang kemudian ditindak lanjuti dengan "Killers" pada 1981.

Album ketiga dan terakhir dengan kelompok itu dikeluarkan pada tahun 1982 "The Number of the Beast" yang mencapai urutan puncak pada chart album Inggris.

Majalah Rolling Stone menyebut kehebatannya dalam menggebug drum merupakan suatu "unsur besar" bagi suara band, yang terkenal karena membawa genre punk rock heavy metal.

Burr meninggalkan band pada tahun 1982, setahun sebelum Iron Maiden mulai memasuki deretan  besar penjualan album di Amerika Serikat yang mengubah kelompok itu ke dalam panggung internasional.

Penerjemah: A. Krisna