Richard Burton masuk Walk Of Flame

id Richard Burton

Richard Burton masuk Walk Of Flame

Richard Burton dan Elizabeth Taylor (Foto Alex Lentati/PA Wire/Press Association Images)

Los Angeles (ANTARA/Reuters) - Nama aktor asal Inggris Richard Burton akhirnya masuk dalam "walk of Fame" pada Jumat, berarti 30 tahun sejak kematiannya, berdekatan dengan bintang milik Elizabeth Taylor, aktris yang dua kali dinikahinya.

Aktor kelahiran Welsh ini tutup usia pada 1984, mendapat penghargaan sebagai bagian dari perayaan emas (50 tahun) film berlatar sejarah Mesir, Cleopatra, yang mempertemukannya dengan aktris Elizabeth Taylor dan menjadi awal jalinan kisah cinta mereka yang menggemparkan.

Putri angkat pasangan tersebut, Maria Burton mewakili menerima penghargaan berupa pemasangan bintang kuningan di bulevar Hollywood yang bertaburan nama-nama bintang film di jantung industri film Amerika Serikat.

Burton menjadi unggulan peraih piala Oscar tujuh kali antara tahun 1953 hingga 1978, tetapi tidak pernah berhasil mendapatkannya.

Sesama aktor asal Welsh, Michael Sheen berkomentar pada pembukaan selubung bintang itu sambil mengenang saat Burton dan Elizabeth Taylor, salah satu pasangan top Hollywood, mengungjungi desa mereka ketika Sheen masih remaja.

"Pantai tempat saya membangun istana pasir dan tempat saya berenang, adalah pantai yang sama tempat Richard Burton dan Elizabeth Taylor, mendarat dari helikopter, layaknya dewa Olimpus mendarat di atas pasirnya..." kata Sheen.

"Mereka melangkah keluar dengan mantel bulu yang mewah-- itu tahun 1970-an--dan berjalan bersama kami sesaat," Sheen menambahkan.

Bintang kejayaan Burton adalah yang ke 2.941 dipasang di Walk of Fame. Ia telah berperan dalam 11 film bersama Elizabeth Taylor termasuk "Who's afraid of Virginia Wolf" pada 1966 dan "The Taming of the Shres" pada 1967.

Skandal kisah cinta mereka selama 1964 dalam pembuatan Cleopatra telah diangkat sebagai film tv AS berjudul "Liz and Dick" diperankan oleh Lindsay Lohan tahun lalu.

Burton dan Liz menikah pertamakali tahun 1964 dan bercerai pada 1974 tetapi menikah kembali setahun kemudian dan bertahan hanya untuk sembilan bulan.

Pria yang lahir dengan nama Richard Jenkins itu kemudian menikah lima kali dan meninggal pada 1984 dalam usia 58 tahun akibat perdarahan otak. Sementara itu Liz Taylor menikah delapan kali dan tutup usia pada  2011 dalam usia 79 tahun.