Kendaraan kena pajak progresif terus didata

id dispenda, pajak progresif

Kendaraan kena pajak progresif terus didata

Kepala Dinas Pendapata Daerah Sumsel Eppy Mirza (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Pendapatan Daerah Sumatera Selatan terus melakukan pendataan kendaraan roda empat yang terkena pajak progresif di provinsi itu.

"Sekarang ini sedang menginventarisir berapa betul kendaraan yang masuk dalam kategori pajak progresif itu," kata Kepala Dispenda Sumsel Eppy Mirza di Palembang, Rabu.

Menurut dia, karena ini tahun pertama ternyata sudah cukup bagus realisasi dari pajak progresif tersebut.

"Ini tahun pertama masuk dalam data dan kita harapkan terus berkembang paling tidak pada tahun 2013-2014 semua kendaraan masuk pajak progresif terdata dan terekam seluruhnya," kata dia.

Ia mengatakan, pertumbuhan kendaraan di Sumsel sangat signifikan.

Jadi, sampai tahun 2014 akan dilakukan penagihan dan pendataan kendaraan masuk dalam kategori pajak progresif itu, ujarnya.

Ia menyatakan, kemungkinan pada tahun 2015 datanya akurat dan normal.

"Untuk kendaraan kategori pajak progresif ini beredar di Sumsel memang tidak ada angka pastinya, diviasinya kita buat dua persen," tuturnya.

Ia mengharapkan, pada 2014 semua kendaraan masuk kategori pajak progresif sudah tercover seluruhnya.

Mengenai berapa besar target pendapatan dari pajak progresif kendaraan itu tahun 2013, ia menuturkan, pada tahun depan masih dalam tahap pendataan dan penagihan, jadi jangan membuat angka pasti dulu, karena perkembangannya cepat.

Jumlah kendaraan yang masuk dalam kategori pajak progesif tahun ini sebanyak 552 unit mobil dengan pendapatan sekitar Rp600 juta lebih, katanya. (ANT-SUS)