Pegadaian sediakan dana tak terbatas

id gadai, gadai emas, nasabah terbanyak gadaikan perhiasan emas

Pegadaian sediakan dana tak terbatas

Ilustrasi - layanan kredit pegadaian (FOTO ANTARA)

....Dengan nasabah saat bulan puasa dan jelang Lebaran yang terus meningkat seperti ini, kami yakin dapat melampaui target tersebut tahun 2012....
Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Pegadaian Cabang Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, menyediakan dana yang tak terbatas guna mengantisipasi lonjakan penyaluran pinjaman menjelang Lebaran.

"Kami tidak menyiapkan dana khusus harus berapa untuk mengantisipasi Lebaran, tetapi biasanya tiap bulan didrop dari pusat tidak lebih dari Rp150 juta. Cuma kalau butuh sewaktu-waktu, kami bisa mengajukan," kata Pimpinan Cabang PT Pegadaian setempat Agung Ari Prabowo, di Pangkalpinang, Selasa.

Agung menyebutkan, sejak awal bulan puasa hingga saat ini, terjadi peningkatan nasabah sebanyak 30--40 persen yang melakukan penggadaian, baik berupa komoditas emas maupun nonemas.

"Meski demikian, di Pangkalpinang yang paling banyak digadaikan adalah perhiasan emas. Hampir 90 persen barang yang kami terima adalah emas," kata dia.

Hal tersebut dijelaskan Agung karena penggadaian perhiasan emas dapat diproses lebih cepat, di samping penafsiran harganya pun lebih tepat.

"Harga sudah ada patokan tiap periode, disesuaikan dengan harga emas dari pusat. Jadi, bagi nasabah yang ingin menggadaikan emas, tidak perlu takut harga yang fluktuatif karena biasanya harga disesuaikan pada periode tertentu," kata dia.

Sementara itu, Agung mengatakan, untuk barang elektronik atau kendaraan roda dua dan roda empat, pegadaian selalu melakukan pemeriksaan fisik secara cermat, termasuk mengenai surat-suratnya, tahun pembuatan, kemudian kondisi mesin dan lain sebagainya.

"Prosesnya agak lama dibanding jika nasabah menggadai perhiasan emas," kata dia.

Agung menjelaskan bahwa target nasabah yang ingin dicapai pada tahun 2012 sebesar 10.600 dengan omzet sebesar Rp8,9 miliar.

"Dengan peningkatan nasabah saat bulan puasa dan jelang Lebaran yang terus meningkat seperti ini, kami yakin dapat melampaui target tersebut tahun 2012. Itu karena kami terus meningkatkan pelayanan," kata dia.

Sementara itu, nasabah pegadian, Akiong (43), mengaku lebih suka mendapatkan kredit dari pegadaian karena bunganya relatif rendah.

"Saya lebih suka menggadaikan perhiasan emas ke pegadaian karena bunganya yang relatif rendah dan pelayanannya cepat hanya sekitar 15 menit," kata dia.

Pegadaian menetapkan beberapa golongan bunga untuk pinjaman dengan nominal yang berbeda.

Untuk golongan A dengan pinjaman sebesar Rp50 ribu hingga Rp500 ribu dikenai bunga 0,75 persen per 15 hari, sedangkan golongan B dengan kisaran Rp550 ribu hingga Rp5 juta bunganya 1,15--1,2 persen per 15 hari.

Untuk golongan C dengan nominal pinjaman Rp5 juta sampai Rp20 juta dikenai bunga 1,15 persen, dan untuk golongan D dengan jumlah kredit di atas Rp20 juta nasabah dikenai bunga satu persen.(Ant)