Palembang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan memberi penghargaan kepada 11 pemuda berprestasi dalam momen peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024.
 
"Kami memberikan penghargaan kepada 11 pemuda berprestasi di OKI atas sederet prestasi mentereng di antaranya menjadi peraih medali emas bidang Biologi Olimpiade Pelajar Nusantara tingkat Nasional Tahun 2023 serta 16 prestasi prestisius lainnya," kata Pj Bupati OKI Asmar Wijaya usai memperingati Hari Sumpah Pemuda 2024 di OKI, Senin.
 
Menurutnya pemuda adalah garda terdepan dalam perubahan, oleh karena itu perlu mengoptimalkan potensi pemuda sebagai subjek pembangunan, agar mereka mampu berkontribusi dalam berbagai sektor. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi pemuda lainnya untuk terus berkarya dan berinovasi.
 
Peringatan Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda, yang diikrarkan pada tahun 1928, menandai tekad para pemuda untuk bersatu dalam mewujudkan kemerdekaan dan identitas bangsa yang merdeka.
 
"Hari ini kita mengenang semangat persatuan dan kesatuan yang dicetuskan oleh para pemuda tahun 1928. Ini adalah momentum bagi kita untuk terus bersatu dalam membangun bangsa," katanya pula.
 
Adapun ia menambahkan dari hasil Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) 2024, bahwa Kabupaten OKI memiliki peluang besar untuk meningkatkan kualitas kepemudaan.
 
"Saat ini, IPP kita berada pada angka 56,33 persen. Kami berkomitmen untuk meningkatkan angka ini melalui berbagai inisiatif yang akan kami luncurkan," katanya.
 
Selain itu, Asmar juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam mendukung program-program kepemudaan.
 
"Sinergi semua pihak sangat diperlukan untuk menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan pemuda. Kita semua memiliki tanggung jawab dalam hal ini," tegasnya.
 
Sebagai penutup, ia mengajak semua pihak untuk memanfaatkan momentum ini sebagai titik tolak untuk bersama-sama membangun OKI yang lebih baik, berkontribusi dalam pembangunan dan mewujudkan cita-cita bersama.
 
"Mari kita wujudkan Indonesia yang raya dan sejahtera dengan semangat pemuda. Hari Sumpah Pemuda adalah saat yang tepat untuk mengingat komitmen kita terhadap bangsa," tutupnya.
 
 
 
 

Pewarta : M. Imam Pramana
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024