Tangerang (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Benteng Kota Tangerang mengungkapkan penurunan tanah di Jalan KS Tubun Koang Jaya Karawaci disebabkan karena dampak adanya pekerjaan pemasangan pipa bawah tanah.

"Kami meminta maaf ke pada pengguna jalan dan masyarakat atas gangguan di Jalan KS Tubun. Kami sudah melakukan penanganan terhadap jalan yang mengalami penurunan dengan penambalan serta pengecoran dengan target penyelesaian satu pekan ke depan," kata Direktur Teknik Perumda Tirta Benteng Joko Surana di Tangerang Sabtu.

Joko mengatakan penurunan jalan berada di atas pengerjaan pemasangan Jaringan Pipa Distribusi Utama (JDU) diameter 1.000 milimeter dengan sistem bor horizontal yang sedang dilakukan pihaknya.

"Jadi tanah turun ini karena ada sisa bor yang naik ke jalan karena ada keretakan di tanah sehingga lumpur itu naik ke jalan," katanya.

Pihak Perumda Tirta Benteng juga telah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk melakukan rekayasa lalu lintas untuk meminimalkan gangguan lalu lintas selama pengerjaan. "Kita harap agar pengguna jalan dan pelaku UMKM dapat segera normal kembali," katanya.

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Doddi Effendy mengatakan pengerjaan pemasangan JDU menjadi fokus utama Perumda Tirta Benteng untuk melayani 51.415 pelanggan di wilayah barat atau zona 2 yakni kecamatan Karawaci, Periuk, Cibodas dan Jatiuwung.
"Bahwa kegiatan ini merupakan dukungan yang telah disepakati Pemerintah Kota dan Kabupaten Tangerang terkait hibah pelayanan, wilayah Timur sudah dikelola 20 ribu pelanggan, sedangkan wilayah barat 51.415 pelanggan," katanya.

Dengan target penyelesaian pemasangan JDU pada pekan kedua November 2024 dan penyerahan sambungan tahap pertama pada awal Desember 2024.

"Pipa Sitanala satu sudah kita siapkan, pipa distribusi pekan kedua November selesai, ditambah placing. Jadi awal Desember penyerahan tahap pertama saluran 51.415 harus terealisasi," ujarnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin telah memantau langsung dan menginstruksikan kepada Perumda Tirta Benteng untuk melakukan percepatan

"Pemasangan pipa ini adalah langkah kami untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Tangerang akan air bersih. Kami berharap kebutuhan ini dapat terlayani dengan optimal. Saya meminta kepada Perumda Tirta Benteng untuk melaksanakan penarikan jaringan sesuai standar yang berlaku," katanya.

Ia juga mengingatkan Perumda Tirta Benteng dan mitra kerja untuk mempercepat proses kerja sama dengan Perumda Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang guna memastikan penyerahan pelanggan dapat berjalan sesuai rencana pada Desember 2024.

"Dengan tercapainya target ini, diharapkan 51 ribu lebih Sambungan Langganan (SL) di zona 2 akan tersambung penuh pada awal Desember," kata dia.

 

Pewarta : Achmad Irfan
Editor : Syarif Abdullah
Copyright © ANTARA 2024