Baturaja (ANTARA) - PLN Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan melakukan pemangkasan pohon sebagai bagian dari upaya pemeliharaan rutin guna menjaga pasokan listrik pelanggan dan mengurangi risiko gangguan termasuk pemadaman.

Manager PLN Baturaja, Kgs Fahmi Romadona, di Baturaja, Kabupaten OKU, Rabu, mengatakan bahwa pemeliharaan rutin dilakukan untuk memperpanjang umur peralatan dan mengurangi risiko terjadinya gangguan pada jaringan listrik pelanggan.

"Kami melakukan aktivitas pemampasan tanaman yang tumbuh di dekat dengan jaringan PLN," katanya.

Dalam pengerjaan pihaknya mengerahkan puluhan personel menggunakan alat pelindung diri (APD) agar mereka aman saat bekerja.
"Karena penyebab sering padamnya listrik 80 persen di antaranya akibat gangguan pohon dan 20 persen karena komponen atau material seperti isolator, kabel dan gardu," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pemangkasan pohon dilakukan di beberapa titik seperti di Kalangan Rebo, Desa Durian, Belimbing dan Padang Bindu agar ranting yang menjuntai tidak mengganggu jaringan kabel listrik pelanggan.

Terkait kegiatan itu pihaknya meminta masyarakat untuk tidak melarang petugas melakukan pemotongan.

Ia menegaskan, petugas tidak akan memotong pohon tanpa izin, dan tidak memangkas ranting pohon yang dianggap tak berbahaya bagi jaringan listrik PLN.

Pewarta : Edo Purmana
Uploader : Aang Sabarudin
Copyright © ANTARA 2024