Baturaja (ANTARA) - Satgas COVID-19 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mencatat penambahan sebanyak 39 kasus positif COVID-19 di wilayah itu dalam kurun waktu selama sepekan terakhir.

Sekretaris Satgas COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Sabtu menerangkan, berdasarkan data hingga periode 16 Juli 2021 jumlah kasus warga terkonfirmasi positif terpapar virus corona di wilayahnya mencapai 481 orang.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada periode 10 Juli 2021 dengan angka kasus terkonfirmasi COVID-19 yaitu berjumlah 442 kasus.

"Artinya ada penambahan 39 kasus selama sepekan terakhir," kata dia.

Begitupun angka kesembuhan pada periode yang sama juga bertambah dari 378 orang menjadi 386 orang dan pasien meninggal dunia hingga saat ini mencapai 49 orang.

Baca juga: Bupati OKU tinjau kesiapan RS Antonio
"Untuk kasus aktif COVID-19 saat ini berjumlah 47 orang yang masih menjalani isolasi dan dirawat di rumah sakit setempat," ujar dia.

Menurut dia, tingginya kasus positif ini disebabkan karena masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga penyebarannya sulit dikendalikan.

Oleh sebab itu, Satgas COVID-19 Kabupaten OKU gencar memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Baca juga: Lagi, seorang pasien positif COVID-19 di OKU meninggal dunia
Program vaksinasi untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas termasuk lansia yang saat ini masih berlangsung juga diharapkan dapat mengendalikan angka penyebaran virus corona agar tidak meningkat.

Selain itu pada Jumat (16/7) pihaknya telah melaksanakan penyemprotan disinfektan serentak di seluruh tempat fasilitas umum seperti pasar, taman kota, pertokoan dan perkantoran serta rumah ibadah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di Kabupaten OKU.

"Namun tingkat kesadaran masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas berpergian ke luar daerah menjadi faktor utama dalam memutus rantai penyebaran virus corona," kata dia
Baca juga: Pemkab OKU lakukan penyemprotan disinfektan fasilitas umum secara serentak.

Pewarta : Edo Purmana
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024