Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara serentak di seluruh  fasilitas umum di Kota Baturaja untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Penyemprotan ini fokus pada tempat fasilitas umum, salah satunya di Tribun Taman Kota Baturaja," kata Pelaksana Harian Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Edward Chandra di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di tempat fasilitas umum yang sering dikunjungi masyarakat.

Hal tersebut dilakukan menyusul lonjakan kasus positif COVID-19 di wilayah setempat yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir dengan jumlah 47 kasus aktif.

"Dengan penambahan 47 kasus baru ini total warga Kabupaten OKU yang terinfeksi virus corona hingga saat ini mencapai 481 orang," ungkapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya melakukan aksi penyemprotan disinfektan serentak di seluruh tempat fasilitas umum dengan membentuk dua tim agar penyebaran COVID-19 dapat terkendalikan.

"Tim yang kami terjunkan menyisir tempat fasilitas umum mulai dari pasar, taman, stasiun, pertokoan, kantor dinas hingga rumah ibadah," katanya.

Adapun pembagian tugas tim satu yaitu melaksanakan penyemprotan di wilayah Taman Kota Baturaja, simpang Ramayana, Pasar Atas, Pasar Tempel, Stasiun Kereta Api, pertokoan dan perkantoran serta fasilitas umum lainnya di Kecamatan Baturaja Timur.

Sedangkan tim dua mulai dari Hotel Baturaja, Pasar Baru, simpang 4 Sentosa, Air Paoh, kantor OPD serta sejumlah masjid dan mushala di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga meminta agar masyarakat menunda kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa dalam jumlah banyak karena dapat berpotensi menimbulkan klaster penyebaran COVID-19.

"Aturan tersebut sejalan dengan Maklumat Kopolri dan intruksi Menteri Dalam Negeri untuk memutus rantai penyebaran virus corona," tegasnya.

Pewarta : Edo Purmana
Editor : Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024