Pemkab Muba fasilitasi survei seismik 3D perkuat ketahanan energi

id cadangan migas, perkuat ketahan energi, survei seismik 3D

Pemkab Muba fasilitasi survei seismik 3D  perkuat  ketahanan energi

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan memfasilitasi survei seismik 3D oleh perusahaan minyak dan gas bumi di bawah koordinasi SKK Migas untuk memperkuat ketahanan energi nasional. (ANTARA/HO-Diskominfo Muba)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan memfasilitasi survei seismik 3D oleh perusahaan minyak dan gas bumi di bawah koordinasi SKK Migas di wilayah kabupaten setempat untuk memperkuat ketahanan energi nasional.

"Survei seismik pada 2024 ini merupakan salah satu kegiatan eksplorasi minyak dan gas (migas) bumi, diharapkan mampu berdampak baik untuk masyarakat daerah ini," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya, di Sekayu, Rabu.   

Dia menjelaskan, survei seismik 3D merupakan salah satu kegiatan eksplorasi migas yang menggunakan metode pemanfaatan perambatan gelombang di bawah permukaan menggunakan sumber getar dan penerima getar yang dipasang di atas permukaan tanah.   

Dengan metode seismik 3D ini pencitraan yang di lakukan pada bawah permukaan akan menghasilkan gambar lebih baik dan sangat informatif yang akan mempermudah menginterpretasikan hasil seismik.   

"Kami sangat mendukung pelaksanaan survei seismik 3D guna mencari cadangan migas di bawah bumi menggunakan gelombang secara akurat dan efisien," ujarnya.  

Menurut dia, pihaknya mengharapkan dari kegiatan tersebut memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan masyarakat serta menciptakan pergerakan ekonomi di Muba.