Polres OKU terjunkan 425 personel pengamanan Pilkada 2024

id Personel pengamanan, Pilkada 2024, simulasi Sispamkota, Polres OKU

Polres OKU terjunkan 425 personel pengamanan Pilkada 2024

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni memberikan arahan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Musi 2024. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menerjunkan sebanyak 425 personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah itu.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa ratusan personel yang disiapkan ini tergabung dalam Operasi Mantap Praja Musi 2024.

Dalam operasi tersebut pihaknya melibatkan 425 personel gabungan dari TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan OKU dan instansi terkait lainnya di wilayah itu.

Para personel ini disiapkan sebagai langkah persiapan untuk menghadapi situasi darurat selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten OKU.

Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkada 2024, Kapolres menekankan pentingnya kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya bagi seluruh personel sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi.

Tim gabungan yang terlibat dalam operasi tersebut ditekankan agar mengedepankan komunikasi public dan upaya colling system agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pilkada 2024.

"Serta tingkatkan sinergitas dan soliditas antara seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait karena hal tersebut menjadi kunci utama keberhasilan operasi," tegasnya.

Menurut Kapolres, sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi Pilkada 2024, salah satunya menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) bagi seluruh anggota yang terlibat Operasi Mantap Praja Musi 2024.

Pelatihan tersebut dengan menyimulasikan situasi rusuh ketika ada sekelompok massa yang menuntut perhitungan ulang atau menolak hasil keputusan KPU dalam Pilkada serentak 2024.

"Pentingnya simulasi ini sebagai langkah antisipatif terhadap situasi darurat yang mungkin terjadi di wilayah Kabupaten OKU. Alhamdulillah hasil dari latihan seluruh anggota dapat dipastikan siap melakukan pengamanan Pilkada 2024 di OKU," jelasnya.