DLH Muba ajak masyarakat sukarela dan rutin uji emisi kendaraan

id sumsel, uji emisi, sekayu muba

DLH Muba ajak masyarakat sukarela dan rutin uji emisi kendaraan

Dokumentasi - Uji emisi gas buang kendaraan bermotor - FOTO/Muhammad Iqbal/foc. (

Sekayu, Muba (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Musi Banyuasin mengajak para pemilik kendaraan untuk sukarela dan rutin menguji gas emisi kendaraannya.

Ajakan itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba M Thabrani Rizki yang juga  Staf Ahli Bupati Muba..

"Sangat penting melihat kondisi kendaraan kita semua, mengecek pengaruh terhadap udara, karena momen ini mengenai iklim untuk menguranginya udara yang tercemar," kara M Thabrani Rizki.

Lanjutnya, melalui dari uji emisi ini dapat diketahui kendaraan mana yang tidak layak jalan.

"Mari kita kurangi emisi kendaraan sehingga tidak mencemari lingkungan. Dan kami mengucapkan terima kasih atas bantuannya dan partisipasi semua pihak sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik," pungkasnya.

Apapun momen ini disediakan alat uji gas buang emisi kendaraan bermotor. Terkait temuan kendaraan tidak lolos uji akan dilakukan pemeliharaan lanjutan.

Di Lingkungan Pemkab Muba rutin digelar uji emisi termasuk melakukan uji emisi kendaraan milik masyarakat.

Uji Emisi Sumber Bergerak untuk kendaraan dinas maupun umum yang beroperasi di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Lingkungan Hidup Muba, Dinas Perhubungan Muba, dan didukung oleh Bank Sumsel Babel.

mengatakan pengendalian pencemaran udara melalui uji emisi gratis ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Muba kepada masyarakat dan juga terhadap lingkungan, sehingga diharapkan dapat mengurangi kadar CO di udara.