Polres OKU Selatan gelar penghijauan

id Gerakan penghijauan, tanam pohon, HUT Bhayangkara, Polres OKU Selatan

Polres OKU Selatan gelar penghijauan

Polres OKU menanam pohon dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Muaradua (ANTARA) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan melakukan gerakan penghijauan dengan menanam bibit pohon produktif untuk melestarikan lingkungan sekitar sekaligus mencegah bencana alam.

Kapolres OKU Selatan AKBP Listiyono Dwi Nugroho di Muaradua, Jumat, mengatakan bahwa kegiatan menanam pohon ini dalam rangkaian menyambut HUT ke-78 Bhayangkara tahun 2024.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menyiapkan sebanyak 100 batang bibit pohon produktif untuk ditanam di sekitar Stadion Desa Gunung Cahya, Kecamatan Buay Rawan, Kabupaten OKU Selatan.

Adapun bibit tanaman yang ditanam meliputi jenis pohon petai, durian, mangga, mahoni dan lain sebagainya.

Dia menjelaskan, dipilihnya jenis pohon ini karena memiliki daya serap air yang cukup tinggi sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko bencana banjir yang sering terjadi di daerah itu.

Selain itu, kata dia, jenis pohon produktif yang ditanam ini juga nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar dari hasil panennya nanti.

"Bibit-bibit pohon yang ditanam adalah bibit buah-buahan seperti durian, mangga dan petai yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat," katanya.

Kapolres berharap agar pohon-pohon yang ditanam dirawat dengan baik sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas di wilayah itu.

"Selain menanam bibit pohon, dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke-78 kami juga memberikan bantuan paket sembako untuk masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Ia berharap bantuan tersebut dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan sembako untuk kebutuhan sehari-hari.