Indonesia tundukkan Filipina 2-0 , bersama Irak wakili Grup F ke putaran tiga

id Piala Dunia 2026,Timnas indonesia, Pratama Arhan

Indonesia tundukkan Filipina 2-0 , bersama Irak wakili Grup F ke putaran tiga

Suporter Timnas Indonesia. (Antara/HO/Ist)

Jakarta (ANTARA) -
Indonesia mengamankan tiket ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah menang 2-0 atas tamunya Filipina pada pertandingan Grup F putaran kedua kualifikasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam.

Dengan hasil ini, Indonesia menduduki posisi kedua di klasemen akhir Grup F, dengan koleksi sepuluh poin. Raihan poin Indonesia tidak akan terkejar oleh tim peringkat ketiga Vietnam, yang mengoleksi enam poin, dan baru akan memainkan pertandingan terakhir grup melawan Irak pada Rabu dini hari WIB.

Peringkat kedua di klasemen akhir Grup F sekaligus juga memastikan Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2027. Indonesia menjadi negara peserta ke-15 yang lolos ke ajang bergengsi level Asia tersebut.

Nuansa positif sudah terasa bahkan sejak sebelum sepak mula. Nama pelatih Shin Tae-yong berkali-kali diteriakkan oleh para penonton yang berjumlah 64.000 sebagai wujud rasa kagum dan cinta kepada pelatih asal Korea Selatan itu.
 
Indonesia mengambil inisiatif serangan sejak awal. Thom Haye melakukan gerakan cepat ke garis belakang pertahanan tim Filipina, untuk mengirim umpan silang yang disambar sepakan Ragnar Oratmangoen yang membentur pemain lawan.