KPU OKU luncurkan maskot "Si Dara" untuk Pilkada 2024

id Pilkada 2024, maskot Si Dara, KPU OKU

KPU OKU luncurkan maskot "Si Dara" untuk  Pilkada 2024

Foto bersama dalam peluncuran Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten OKU, Rabu. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, meluncurkan maskot "Si Dara" untuk Pilkada Serentak 2024 di wilayah itu.

"Peluncuran ini tanda dimulainya dan menjadi simbol kesiapan pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten OKU," kata Ketua KPU OKU Ade Satria Dwi Putra saat peluncuran Pilkada Serentak 2024 di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, dalam peluncuran pihaknya mengenalkan Maskot Pilkada OKU tahun 2024 yakni ‘Si Dara’ boneka dengan berbentuk burung dara.

'Si Dara' ini memiliki arti yaitu Siap Dukung Demokrasi Rakyat OKU yang bertujuan untuk mengajak masyarakat bersama-sama untuk menyukseskan seluruh tahapan Pilkada 2024 di wilayah itu.

"Pilkada adalah pesta demokrasi bagi masyarakat untuk memilih pemimpin masa depan," katanya.

Untuk itu, ia berharap seluruh elemen masyarakat dapat mendukung pelaksanaan Pilkada OKU 2024 agar berjalan aman dan lancar.

Ade menambahkan, sejauh ini KPU OKU sudah mulai melaksanakan tahapan-tahapan Pilkada di antaranya melakukan seleksi hingga pelantikan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Pada 26 Mei 2024 akan dilakukan pelantikan PPS, dan dilanjutkan perekrutan KPPS menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU nanti," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Pemkab OKU Darmawan Irianto mengajak masyarakat untuk ikut mengawal proses Pilkada 2024 agar berlangsung jujur dan adil.

Menurut dia, Pilkada tidak hanya tugas penyelenggara saja, namun juga menjadi tugas kita bersama untuk mengawal agar berjalan aman dan damai.

"Pilkada ini dapat menjadi momentum untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis serta humanis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," ujarnya.