Potensi banjir lahar Gunung Marapi susulan lebih besar

id Banjir lahar, Sumbar, Agam, Padang Panjang, Tanag Datar, Gunung Marapi, BMKG

Potensi banjir lahar Gunung Marapi susulan lebih besar

Arsip Foto- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyando dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin (13/5/2024), menjelaskan kepada wartawan terkait analisa cuaca dan rekomendasi proses penanganan dampak bencana banjir lahar dingin dan longsor yang melanda lima kabupaten/kota Sumatera Barat. (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Padang Pariaman (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan ada potensi banjir lahar hujan susulan Gunung Marapi Sumatera Barat yang dampaknya lebih besar dari sebelumnya sehingga mengimbau masyarakat dan petugas tim gabungan penanganan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat ditemui di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Selasa, mengatakan bahwa hal demikian dipicu oleh masih tingginya potensi turun hujan berintensitas sedang, lebat-sangat lebat selama sepekan ke depan atau berdasarkan analisa tim meteorologi berlangsung sampai dengan 22 Mei 2024.

"Hujan tidak perlu lebat tapi sedang pun juga bisa menyapu material lahar Gunung Marapi yang juga dikhawatirkan masih tebal, sisa erupsi beberapa waktu lalu," kata dia.

Menurut dia, guyuran hujan yang bercampur partikel pasir-pasir halus menjadikan aliran pekat yang sanggup mengangkut sebuah mobil truk, menggelontorkan bebatuan berdiameter 2-3 meter dari bagian puncak gunung ke bawah.