Betapa pentingnya tempat pengujian varietas, ini cara perlindungannya

id Kementan,varietas

Betapa pentingnya tempat pengujian varietas, ini cara perlindungannya

Kementerian Pertanian (Kementan membangun pagar Kebun Pemeriksaan Substantif Perlindungan Varietas Tanaman (KPS PVT) Blok O di lahan Kebun Percobaan Muara Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/4/2024). ANTARA/HO-Humas Kementan

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian melindungi kawasan sejumlah varietas yang adaptif pada dataran rendah di Kebun Pemeriksaan Substantif Perlindungan Varietas Tanaman (KPS PVT) di lahan Kebun Percobaan Muara Bogor, Jawa Barat (Jabar).

"Ini memang bukan pagar pembatas biasa dalam arti pembatas kebun. Tapi pembatas pagar ini adalah untuk memagari lahan uji coba yang tidak boleh diganggu oleh siapapun. Lokasinya harus terisolasi agar hasil uji PVT ini objektif bukan subjektif," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementan Prihasto Setyanto dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Prihasto menyampaikan perlindungan dilakukan dengan memagar agar batas kebun sesuai dengan luas lahan yang ada di dalam sertifikat.

Selain itu, pemagaran juga diperlukan agar ke depan tidak ada penyerobotan maupun perilaku orang tak bertanggungjawab seperti membuang sampah atau mendirikan bangunan liar.

Prihasto menyampaikan kebun pemeriksaan tersebut akan difungsikan untuk pemeriksaan varietas tanaman yang dimohonkan hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) untuk mengetahui unsur kebaruan, keunikan, keseragaman dan kestabilan (uji BUSS).