Peringati Hari Hutan Sedunia 2024 Pertamina tanam 100 pohon di Sumsel

id Sumsel,palembang,pertamina patra niaga,hari hutan sedunia,tanam pohon

Peringati Hari Hutan Sedunia 2024 Pertamina tanam 100 pohon di Sumsel

Pertamina menanamkan sebanyak 100 pohon di Sumatera Selatan (Sumsel) dalam rangka memperingati Hari Hutan Sedunia 2024. (ANTARA/HO-Pertamina)

Palembang (ANTARA) - Pertamina menanam sebanyak 100 pohon di Sumatera Selatan (Sumsel) dalam rangka memperingati Hari Hutan Sedunia 2024.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan di Palembang, Senin, mengatakan Hari Hutan Sedunia 2024 mengusung tema "Forest and Innovation" yang menyoroti pentingnya inovasi dalam pengelolaan hutan untuk mencapai tujuan pelestarian dan berkelanjutan.

Melalui hal tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengadakan Gerakan Penanaman Pohon di Taman Wisata Punti Kayu yang secara simbolis penanaman pohon dilaksanakan bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berjumlah 16 pohon.

"Gerakan penanaman pohon ini sebagai bentuk dari komitmen Pertamina dalam menjaga kelestarian plasma nutfah di Sumsel. Pohon yang diserahkan untuk ditanam terdiri dari pohon damar dan buah-buahan yang berjumlah 100 pohon," katanya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission (NZE) 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian SDGs.

Melalui kegiatan tersebut juga Pertamina mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGS) nomor lima belas yaitu ekosistem darat. Pertamina juga selalu berkomitmen untuk senantiasa melaksanakan program-program yang didasari pendekatan adaptasi dan mitigasi aspek Environmental, Social, and Governance (ESG).

"Gerakan penanaman pohon ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberadaan serta perlindungan hutan bagi ekosistem dan kehidupan manusia dan diharapkan dapat mendukung pelestarian lingkungan yang berkelanjutan yang juga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar," kata Nikho.

Sementara itu, Kepala Unit Wisata Alam dan Rehabilitasi Flora dan Fauna BKSDA Provinsi Sumsel Doni mengatakan penanaman pohon ini sangat penting dalam melestarikan keanekaragaman hayati di Sumsel.

“Penanaman pohon ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kelestarian plasma nutfah di Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini kita lakukan di Taman Wisata Punti Kayu sebagai salah satu Ruang Terbuka Hijau di Kota Palembang,” ujar dia.