Pewarta ANTARA se-Sumbagsel ikuti penyegaran keredaksian di Palembang

id sumsel, lkbn antara, pelatihan

Pewarta ANTARA se-Sumbagsel ikuti penyegaran keredaksian di Palembang

Kepala Redaksi Kesra Perum LKBN ANTARA Santoso tengah menyerahkan tanda apresiasi kepada salah seorang pesetta Cosching Clinic Redaksi 2024 Perum LKBN ANTRARA wilayah Sumbagsel yang digelar di Biro Sumsel, 19-21Februari 2024 (ANTARA/Aang Sabaruddin)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Pewarta Perum LKBN ANTARA dari wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Sumatera Selatan mengikuti Coaching Clinic Redaksi 2024 di Palembang, 19-21 Februari 2024.

"Coaching Clinic Redaksi 2024 ini merupakan penyegaran keredaksian Perum LKBN ANTARA, yang mana Palembang sebagai tuan rumah pada batch pertama," kata Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Selatan Syarif Abdullah di Palembang, Rabu.

Materi yang disampaikan adalah  keredaksian teks, foto, video serta beberapa kebijakan pemberitaan.  

Selain di Palembang batch pertama kegiatan itu juga digelar di Banten dengan peserta para pewarta ANTARA dari Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Penyangga Jakarta dan tuan rumah Biro Banten.

Empat kegiatan serupa  dari kantor berita nasional itu juga akan digelar di Batam Kepri, Bali, Banjarmasin Kalsel dan Makassar Sulsel.

Pelatihan yang mengusung tema "Menciptakan Berita Berkualitas, Menuju Kantor Berita Kelas Dunia" itu menghadirkan pembicara dari Ombudsman dan Kepala Redaksi Perum LKBN ANTARA serta nara sumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Ini kegiatan rutin setiap tahun di Perum LKBN ANTARA, tujuannya untuk penyegaran sekaligus menjaga kualitas berita yang dihasilkan. Setiap pewarta ANTARA di daerah diupayakan mendapat kesempatan ini," kata Syarif.

Ia menyebutkan, pemberitaan ANTARA selain memenuhi unsur 5W1H, juga mengandung unsur edukasi, mencerahkan, memberikan motivasi serta menjaga keindonesiaan.

Seorang pewarta harus memahami keseluruhan isu dan konteks pemberitaan yang akan dan dia tulis. Selain itu pewarta melihat dan memahami detil dari tiap isu dan peristiwa yang akan diberitakan.