OKU Selatan bikin 15 unit rumah jadi layak huni

id Bedah rumah, sanitasi closet, warga miskin, Pemkab OKU Selatan, Dinas Perkim

OKU Selatan bikin 15 unit rumah jadi layak huni

Pemkab OKU Selatan menggelar rapat koordinasi persiapan gerakan bedah rumah dan sanitasi serentak se-Sumatera Selatan tahun 2024, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Edo Purmana

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan pada tahun ini menargetkan merenovasi sebanyak 15 unit rumah warga tidak layak huni di wilayah itu.

"Renovasi rumah secara gratis ini dilaksanakan melalui gerakan bedah rumah dan sanitasi serentak se-Sumatera Selatan Tahun 2024," kata Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Selatan, M Rahmatullah di Muaradua, Jumat.

Dia mengatakan, gerakan tersebut diluncurkan serentak pada 20 Februari 2024 dalam rangka memperingati HUT Provinsi Sumatera Selatan yang ke-78 tahun 2024.

Dalam program ini, pihaknya menargetkan merenovasi sebanyak 15 unit warga miskin yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah itu.

Selain itu, dalam program ini pula Pemkab OKU Selatan akan membangun puluhan unit sarana sanitasi berupa toilet atau WC sebagai salah satu upaya gerakan stop buang air besar di sungai.

"Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya menekan angka inflasi, stunting, dan kemiskinan ekstrim di Sumatera Selatan, khususnya di OKU Selatan," ujar Sekda.

Sementara, Kepala Dinas Perkim OKU Selatan Andri Bastian menambahkan bahwa peluncuran bedah rumah serentak dilaksanakan di Desa Majar, Kecamatan Buay Rawan, kabupaten setempat.

Selain melakukan bedah rumah, Pemkab OKU Selatan juga menyiapkan sebanyak 50 unit sanitasi toilet melalui program CSR untuk dibangun secara gratis oleh pemerintah.

"Melalui program ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan perbaikan rumah agar layak ditempati," ujarnya.