Sumsel suntikan 403.581 dosis vaksin PMK pada 2023

id sumsel,palembang,vaksin pmk,dkpp sumsel,pemprov sumsel

Sumsel suntikan 403.581 dosis  vaksin PMK pada 2023

Arsip foto - Penjualan hewan kurban di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (8/6/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyuntikkan sebanyak 403.581 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) ke hewan ternak di wilayah itu sepanjang Tahun 2023.

“Sepanjang Tahun 2023, kami telah menyuntikkan sebanyak 403.581 dosis vaksin PMK ke hewan ternak di Sumsel. Anggaran yang digunakan untuk vaksin tersebut kurang lebih senilai Rp8 miliar,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Effendi di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan pelaksanaan vaksin PMK itu dilakukan di 17 kabupaten dan kota di Sumsel. Untuk daerah paling banyak melakukan vaksin PMK itu di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Rawas, Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

"Vaksin ini tidak hanya dilakukan pada sapi, tetapi juga dilakukan pada kerbau, babi, kambing, dan semua hewan ternak yang berpotensi terjangkit virus penyakit PMK," ujarnya.

Ia menjelaskan vaksin PMK ini bentuk komitmen pemerintah dalam memutus rantai penyakit PMK, sebab pada tahun 2021, di Indonesia mewabah virus PMK.