Jalur lintas Curup-Lebong Bengkulu kembali bisa dilalui

id bencana alam, longsor, jalan linttas, curup-bengkulu

Jalur  lintas Curup-Lebong Bengkulu kembali bisa dilalui

Jalan Lintas Curup - Kabupaten Lebong sekitar pukul 15.30 WIB sudah bisa dilalui setelah sempat tertutup tanah longsor, Minggu, (21/1/2024). ANTARA/HO-Kodim 0409/Rejang Lebong

Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Material tanah longsor yang menimbun jalan lintas Curup-Muara Aman Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, Minggu pagi sekitar pukul 03.30 WIB berhasil disingkirkan tim gabungan pada pukul 15.30 WIB.

"Alhamdulillah sekitar pukul 15.30 WIB akses jalan lintas Curup-Muara Aman Kabupaten Lebong sudah bisa dilalui kendaraan, setelah lebih dari lima jam petugas gabungan melakukan pembersihan material longsoran," kata Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo saat dihubungi di Lebong, Minggu sore.



Dia menjelaskan tanah longsor ini terjadi di jalan lintas Curup-Lebong tepatnya di Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong. Akibat kejadian ini akses jalan penghubung antar-kedua kabupaten itu sempat lumpuh total.

Pembersihan material longsoran berupa batu dan tanah merah ini dilakukan oleh petugas gabungan TNI/Polri, BPBD Kabupaten Lebong, Kecamatan Rimbo Pengadang dan perangkat desa, serta warga setempat.

"Tanah longsor yang menimbun badan jalan Curup-Lebong ini kurang lebih 25 meter dengan ketebalan mencapai enam meter. Proses pembersihan materialnya menggunakan dua unit alat berat milik warga setempat," katanya.