Layanan JKN keliling upaya BPJS Kesehatan lebih dekat dengan masyarakat

id BPJS Kesehatan Palembang, bpjs, buka layanan JKN, jkn keliling, jkn mobile

Layanan JKN keliling upaya BPJS Kesehatan lebih dekat dengan masyarakat

BPJS Kesehatan Palembang buka layanan JKN keliling (ANTARA/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Palembang membuka layanan keliling bagi masyarakat dan peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) di wilayah Sumatera Selatan.

"Dalam rangka memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat dan peserta JKN di daerah ini, pada Januari 2024 ini mulai dibuka layanan BPJS keliling," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palembang Sari Quratulainy di Palembang, Jumat.



Menurut dia, melalui layanan keliling itu, masyarakat bisa mengakses layanan pengurusan administrasi, cek keaktifan kartu peserta, perubahan data, serta pemberian informasi terkait program JKN.

Layanan BPJS keliling merupakan salah satu kanal pelayanan peserta yang mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan JKN yang rutin dilakukan dan dijadwalkan keliling.

Layanan JKN dijadwalkan keliling mulai dari instansi pemerintah, fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan hingga beberapa titik strategis untuk memaksimalkan jangkauan layanan kepada masyarakat di kelurahan terutama yang akses ke kantor BPJS Kesehatan cukup jauh seperti yang dibuka di Puskesmas Bukit Sangkal baru-baru ini.

Peserta dan calon peserta dapat menghemat energi, tenaga, dan waktu mereka hanya untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan.

Mereka dapat langsung bertemu dengan petugas BPJS Kesehatan baik untuk masalah data, pemberian informasi maupun pembayaran iuran, ujarnya.



Sari menambahkan banyak masyarakat yang tidak sempat dan mempunyai kendala dengan jarak yang jauh ke Kantor BPJS Kesehatan dalam mengurusi kepesertaannya.

Untuk itu, pihaknya menghadirkan BPJS keliling, melalui unit keliling itu diharapkan program JKN semakin dikenal luas masyarakat sehingga peserta mengetahui manfaat program JKN.

"Kami berharap dengan adanya layanan keliling ini, masyarakat lebih dekat mengenal BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara JKN, masyarakat mengetahui manfaat program JKN dapat memudahkan dalam mengakses pelayanan administrasi tanpa harus antrean di kantor," jelasnya.

Selain itu, Sari juga berharap peserta dapat rutin dalam hal pembayaran iuran JKN sehingga pelayanan kesehatan dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

Sementara salah satu peserta JKN segmen pekerja penerima upah badan usaha (PPU BU) Supardi menyambut baik adanya layanan BPJS keliling karena dapat menghemat waktu tanpa datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

"Alhamdulillah saya sangat senang ketika layanan JKN dapat hadir langsung di tengah masyarakat dengan menggunakan mobil pelayanan, kami dapat menanyakan seputar layanan JKN seperti yang saya lakukan saat ini, saya bermaksud menanyakan manfaat dan layanan digital terbaru dari BPJS Kesehatan," ujar peserta JKN.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPJS Kesehatan Palembang buka layanan JKN keliling