Pj Bupati Banyuasin cek pengerjaan saluran air ke Sungai Bom Berlian

id sumsel, banyuasin, saluran air, bom berlian

Pj Bupati Banyuasin cek pengerjaan saluran air ke Sungai Bom Berlian

Penjabat Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam , Jumat (12/1/2024) memastikan pengerjaan saluran air Bom Berlian oleh PT Waskita telah dilakukan. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Penjabat Bupati Banyuasin, H Hani Syopiar Rustam , Jumat (12/1/2024) memastikan pengerjaan saluran air Bom Berlian oleh PT Waskita telah dilakukan.

Sebelumnya, Kamis, 11 Januari 2024 bertempat di Ruang Rapat Rumah Dinas Bupati Banyuasin telah dilakukan pertemuan Pemerintah Kabupaten Banyuasin dengan  Waskita.

Didampingi oleh Dandim 0430 Banyuasin, Letkol Infanteri Roni Sugiarto, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banyuasin Apriansyah, Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Banyuasin Alpian, Camat Banyuasin III Santo  bersama PT Waskita memastikan permintaan Pemkab Banyuasin untuk memperbaiki aliran sungai Bom Berlian di Kelurahan Pangkalan Balai  telah dikerjakan.
 
Pj Bupati menegaskan bahwa peninjauan ini untuk memastikan hasil dari rapat kemaren dengan PT Waskita.

“Saya ingin PT Waskita cepat melakukan pengerjaan aliran sungai ini dan menuntaskan sampai selesai. Tadi sudah kita lihat pengerjaannya dan ada negosiasi untuk membuka serta normalisasi pendangkalan aliran sungai Bom Berlian, ” jelasnya.

Ia mengakui  tidak semata-mata karena penyebab dibangunnya jalan tol tapi karena juga adanya sediminasi yang cukup lama. Namun jalan tol juga menambah sediminasi dan menyebabkan debit air makin banyak.

“Saya sudah meminta  Waskita menyelesaikan dalam 5 hari kalender, mulai hari ini Jumat dan  Selasa sudah selesai pengerjaan aliran sungai yang bermuara ke Sungai Boom Berlian.

“Semoga ini mengurangi penyebab banjir di Kecamatan Banyuasin III dengan membuka 2 saluran air di bawah jalan tol dan normalisasi Sungai Bom Berlian agar tidak ada debit air yang mengalir kembali ke Kota Pangkalan Balai. Kami akan melakukan semaksimal mungkin untuk masyarakat Banyuasin, doakan agar lancar dan masyarakat dapat bersabar menunggu hasilnya, ” tutup Hani S Rustam.