Korut katakan 'tidak berniat menghindari perang' dengan Korsel

id Korea Selatan,Korea Utara,berita palembang, berita sumsel

Korut katakan 'tidak berniat menghindari perang' dengan Korsel

Arsip - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyampaikan pidato saat kunjungan ke komando angkatan laut negara itu pada 27 Agustus 2023. (KCNA/Kyodo)

Seoul (ANTARA) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyebut Korea Selatan sebagai "musuh utama" negaranya dan mengatakan bahwa dia "tidak berniat menghindari perang," kata media pemerintah Korea Utara pada Rabu.

Kim juga mengancam akan memusnahkan Korea Selatan jika negara tersebut berupaya menggunakan kekerasan terhadap Korea Utara, saat ia memeriksa pabrik-pabrik amunisi besar, Senin dan Selasa, demikian menurut Kantor Berita Korea Utara (KCNA).

"Diperkirakan ROK adalah musuh utama kami," katanya Kim sambil menambahkan bahwa apa yang harus diprioritaskan oleh DPRK dalam hubungan dengan negara yang bermusuhan itu" adalah "pertama-tama meningkatkan kemampuan militer untuk pertahanan diri dan pencegah perang nuklir. Kim menggunakan akronim nama resmi Korsel (ROK) dan Korut (DPRK).

Kim menegaskan bahwa dia tidak akan memulai perang secara sepihak namun "juga tidak mempunyai niat untuk menghindari perang."

"Jika Korsel berupaya untuk "menggunakan angkatan bersenjata melawan DPRK atau mengancam kedaulatan dan keamanannya dan peluang seperti itu datang, kami tidak akan ragu untuk memusnahkan ROK dengan mengerahkan segala cara dan kekuatan yang ada di tangan kami," kata Kim seperti yang dikutip.