Pembelajaran maya, antara kemudahan dan ketergantungan teknologi

id pembelajaran,pembelajaran maya,e-learning,digital learning

Pembelajaran maya, antara kemudahan dan ketergantungan teknologi

Guru melakukan pembelajaran secara daring di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 02 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (10/10/2023). ANTARA FOTO/Auliya Rahman/aww.

Jakarta (ANTARA) - Perkembangan teknologi dan informasi saat ini bukan hanya masuk ke ruang publik saja, melainkan sudah merambah ke ruang-ruang privat di hampir seluruh penjuru dunia.

Dunia terus berubah dan tidak berhenti untuk berubah. Perubahan tidak bisa dihentikan karena kodrat Allah.

Dalam kondisi perubahan ini, hanya ada dua pilihan, yakni menjadi pemain dalam perubahan itu atau menjadi penonton atau objek perubahan. Tatkala menjadi pemain peluangnya bisa menang, kalah, atau imbang. Namun ketika menjadi penonton alias objek perubahan, peluang yang ada adalah menjadi korban perubahan.

Hadirnya teknologi ini bagi kehidupan ini, termasuk dunia pendidikan, membawa keuntungan dan kerugian. Ada dua hal yang penting untuk diperbincangkan terkait dengan hadirnya teknologi dan informasi ini dalam dunia pendidikan yang lebih dikenal dengan istilah cyber learning, e-learning, digital learning, online learning (pembelajaran maya), dan berbagai istilah semacamnya.

Pembelajaran maya merupakan kegiatan belajar yang menggunakan media teknologi dan informasi sebagai sarananya, khususnya internet.

Kehadiran pembelajaran maya ini memberikan ruang perbincangan banyak hal. Setidaknya ada dua bahan perbincangan yang penting untuk didiskusikan, yakni terkait kemudahannya serta EMA (etika, moral, dan agama).

Perihal kemudahan pembelajaran maya ini bersisi lain berupa sisi ketergantungan kepada teknologi, sedangkan perihal etika ini bersisi lain berupa keburukan.