PUPR Palembang bentuk tim banjir

id Dinas PUPR Palembang, pupr, tanggulangi, bentuk tim, tim penanggulangan banjir, hujan, genangan air hujan, antisipasi

PUPR Palembang bentuk tim banjir

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Ahmad Bastari (kanan). ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang, Sumatera Selatan membentuk tim untuk mengantisipasi dan menanggulangi banjir pada musim hujan 2024 ini.

"Tim tersebut ditugaskan melakukan pemeliharaan sungai, drainase, membongkar bangunan yang menghalangi jalannya air, dan sosialisasi antisipasi banjir," kata Kepala Dinas PUPR Ahmad Bastari
di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, menghadapi musim hujan sekarang ini, perlu dilakukan berbagai tindakan pencegahan banjir agar masyarakat tidak mengalami kerugian harta benda dan timbulnya korban jiwa.

Untuk memaksimalkan tim penanggulangan banjir, disiapkan sejumlah peralatan pendukung seperti alat berat dan pompa jinjing yang sewaktu-waktu diturunkan jika terjadi banjir atau genangan air hujan di kawasan permukiman penduduk, jalan protokol, dan sejumlah tempat lainnya.

Selain membentuk tim, ia mengharapkan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga lingkungan tempat tinggal dari hal-hal yang dapat menyebabkan genangan air atau banjir ketika hujan turun dalam waktu di atas satu jam.

Partisipasi yang diharapkan dari masyarakat dalam menjaga lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran air, dan membongkar bangunan yang dapat menghambat jalan air.

Kemudian masyarakat diharapkan pula secara bersama-sama membersihkan sungai dan tempat resapan air yang ada di wilayah 18 kecamatan dalam kota setempat.

Melalui berbagai tindakan antisipatif diharapkan jika turun hujan deras dalam waktu cukup lama sejumlah kawasan rawan banjir terhindar dari masalah tersebut, kata Bastari.