KPU Palembang sebut penerimaan logistik pemilu capai 90 persen

id sumsel,palembang,logistik pemilu,pemilu 2024,kpu palembang

KPU Palembang sebut penerimaan logistik pemilu capai 90 persen

Surat suara DPRD Provinsi di Gudang Logistik KPU Palembang, Sumsel, Selasa (2/1/2024). ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Sumatera Selatan, Syawaludin, menyebutkan penerimaan logistik pemilu mencapai 90 persen.

Syawaludin saat diwawancarai di Palembang, Selasa, mengatakan pihaknya pada hari ini telah sebanyak 2.505 boks surat suara DPRD Provinsi Sumsel. Sehingga, KPU Palembang telah menerima logistik pemilu mencapai 90 persen.

"Sebelumnya, kami sudah menerima surat suara dari DPD RI dan Presiden, segel, tinta, busa, paku, karet dan sampul. Sehingga, KPU Palembang telah menerima logistik pemilu mencapai 90 persen," katanya.

Ia menjelaskan untuk logistik pemilu lainnya yang belum diterima oleh KPU Palembang, yaitu sisa surat suara DPRD Provinsi, dan juga surat suara DPRD Kota.

"Untuk surat suara DPRD Provinsi yang diterima hari ini sebagian belum dikirimkan. Sisanya itu akan dikirimkan bersamaan dengan surat suara DPRD Kota dan diprakirakan tiba ke Palembang pada 12 Januari 2024," jelasnya.

Selain itu, ia mengatakan terkait dengan penyortiran dan pelipatan surat suara pihaknya masih menunggu arahan dari KPU Provinsi Sumsel. Namun, pihaknya meminta KPU Provinsi Sumsel khusus untuk KPU Kota Palembang didahulukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

"Kami meminta agar KPU Provinsi Sumsel mendahulukan KPU Kota Palembang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, karena DPT di Palembang merupakan DPT terbanyak di Sumsel," ujar Syawaludin.

KPU Palembang mencatat jumlah DPT Pemilu 2024 di wilayah itu sebanyak 1.225.548 orang pemilih yang terdiri atas 600.089 pemilih laki-laki dan 625.459 pemilih perempuan. Jumlah pemilih tersebut menyebar pada 4.777 TPS di 18 kecamatan Kota Palembang.