Rieke bersyukur korban perdagangan orang Dede dipulangkan ke keluarga

id Rieke Diah Pitaloka, Dede, DPR RI, TPPO, Perdagangan Orang,berita palembang, berita sumsel

Rieke bersyukur korban perdagangan orang Dede dipulangkan ke keluarga

Perempuan aktivis yang juga anggota DPR, Rieke Diah Pitaloka (kiri), saat menemui korban perdagangan orang, Dede Asiah (kanan), di rumah Dede, Karawang, Jawa Barat. ANTARA/HO-Tim Media Rieke

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR, Rieke Diah Pitaloka, bersyukur usahanya dalam memulangkan Dede Aisyah (37) ke Indonesia berhasil. Diketahui, Dede merupakan pekerja migran Indonesia yang menjadi korban perdagangan orang di Suriah.
 
"Akhirnya Dede Aisyah bisa kembali ke keluarga. Dede berhasil pulang ke keluarganya pada 19 Desember 2023," ujar perempuan politisi itu yang disampaikan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Kasus yang menimpa Dede diadvokasi Rieke sejak Maret 2023 setelah video yang diunggahnya di sosial media pada 31 Maret 2023, sempat viral.
 
Dede ketika itu menjelaskan bahwa dia dijanjikan untuk bekerja di Turki dengan gaji 600 dolar AS. Tetapi, begitu sampai di Istambul, Dede justru dijual dengan harga 12.000 dollar AS.
 
Ia pun dipaksa bekerja hingga larut malam dengan alasan karena harga belinya yang mahal. Padahal kala itu, Dede tengah sakit pada bagian perut lantaran baru melahirkan anak pertamanya.