Pusri gelar MUSIC dorong UMKM naik kelas

id Sumsel,program music,umkm,pusri palembang,pusri

Pusri  gelar MUSIC dorong UMKM naik kelas

PT Pupuk Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) naik kelas dengan menggelar kegiatan Millennials Usahawan Indonesia Competition (MUSIC). ANTARA/HO-PT Pusri

Palembang (ANTARA) - PT Pupuk Pusri Palembang, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) naik kelas dengan menggelar Millenials Usahawan Indonesia Competition (MUSIC).

Direktur Utama Pusri Palembang Daconi Khotob dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Kamis, menyatakan kegiatan itu diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya bagi UMKM.

“Dengan kegiatan MUSIC ini menjadi salah satu upaya kami untuk mendorong UMKM agar bisa naik kelas secara progresif dan berdaya saing, salah satunya dengan diberikannya business coaching dari mentor yang berpengalaman," katanya pula.

Program MUSIC diharapkan dapat terus berkelanjutan untuk dilaksanakan serta dapat menjangkau seluruh UMKM di Indonesia, sehingga PT Pusri Palembang dapat mendukung lebih banyak UMK naik kelas, kata Daconi pula.

VP CSR Pusri Alde Dyanrini menambahkan, pelaksanaan MUSIC juga merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam melakukan peran Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) khususnya pengembangan UMK.

Berdasarkan arahan Kementerian BUMN, program TJSL perusahaan agar memprioritaskan Pilar Pendidikan, Pilar Lingkungan, dan Pilar Pengembangan UMK.

“Seluruh peserta MUSIC diwajibkan menjadi anggota Rumah BUMN, sehingga PT Pusri Palembang dapat mendampingi peserta MUSIC untuk naik kelas menjadi Go Modern, Go Online, Go Digital, dan Go Global," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan rangkaian kegiatan, yaitu pendaftaran dan penerimaan berkas yang resmi dibuka pada 1 Oktober hingga 25 November 2023. Terdaftar lebih dari 100 peserta yang berasal dari Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Jambi, untuk selanjutnya dipilih lagi 25 semifinalis yang berkesempatan mengikuti bootcamp selama dua hari.

Kemudian, mereka mendapatkan pelatihan intensif dengan materi yang menarik mengenai wirausaha. Selain itu pada bootcamp, semifinalis juga diajak untuk main games yang dipandu langsung oleh Entrepreneur Bootcamp.

Tahapan kegiatan dilanjutkan dengan semifinal, dan terakhir final yang diikuti oleh 10 UMKM terpilih yang akan kembali berkompetisi untuk meraih juara. Sepuluh UMKM yang berhasil lolos pada final, yaitu Pempek Kirana, Tukang Seduh Kopi, Arumitha Leather, Chilli Millenial, Jus Kurma Etawa, Bakpao Karakter, Banyuasin Bekunyah, Mascot Lada, Klephe Fashion, dan Digipren.id.

Seluruh finalis yang lolos akan mendapatkan pelatihan untuk pengembangan bisnis, hadiah dengan total puluhan juta serta business coaching dari praktisi berpengalaman. Sebanyak 20 semifinalis akan menjadi binaan Pusri melalui Rumah BUMN Sumsel yang dikelola oleh Pusri.

"Setelah dilakukan presentasi dan penjurian, dari 10 finalis yang berhasil menjadi pemenang yaitu Grand Champion diraih oleh Tukang Seduh mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp20 juta, juara II diraih oleh Chili Millenial dengan hadiah Rp15 juta, dan juara III diraih oleh Bakpao Karakter dengan hadiah sebesar Rp10 juta, juara harapan I diraih oleh Mascot Lada dengan hadiah Rp7 juta dan juara harapan II diraih oleh Digipren.id dengan hadiah Rp5 juta," katanya pula.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pusri Palembang gelar MUSIC untuk dorong UMKM naik kelas