Menjaga Pulau Untung

id Untung Jawa, Pulau Untung Jawa, destinasi wisata Jakarta

Menjaga Pulau Untung

Destinasi wisata Pantai Sakura di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan. ANTARA/Abdu Faisal

Jakarta (ANTARA) - Untung Jawa merupakan pulau yang paling dekat dengan daratan Jakarta. Pada musim-musim tertentu, sampah dari wilayah di Jabodetabek terbawa ke perairan pulau ini melalui 13 aliran sungai di sekitar Jabodetabek.

Pada 23 November 2023, misalnya, sampah kiriman tersebut terkumpul di Pulau Untung Jawa sebanyak hampir 22 ton atau tepatnya 21.984 kilogram.

Sampah terkumpul dari hasil kerja bakti warga Pulau Untung Jawa. Hal itu dilakukan warga demi mendukung Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, menjadi bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Bersih-bersih serentak di Kabupaten Kepulauan Seribu memang sedikit berbeda dengan yang dilaksanakan di wilayah kota. Mereka tidak bersih-bersih pada hari Minggu seperti di kota, karena pada hari tersebut merupakan waktu kedatangan wisatawan. Gotong royong  dilaksanakan pada Jumat.

Seperti pada Jumat (8/12), sebanyak 126 warga mengikuti gotong royong di wilayah RT 03/RW 03 Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Kerja gotong royong itu untuk menumbuhkan kebersamaan masyarakat sekaligus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Kerja bakti itu juga tindak lanjut dari Instruksi Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 100 Tahun 2023 tentang Lomba Gotong Royong Lingkungan Asri Kota Lestari.

Kebersihan lingkungan merupakan syarat mutlak bagi kawasan yang banyak dikunjungi  wisatawan, termasuk Pulau Untung Jawa.

Warga menguras saluran agar aliran air menjadi lancar. Sampah-sampahnya diangkat lalu dikumpulkan ke dalam karung goni. Gundukan  sampah lalu diangkut ke tempat pembuangan sementara untuk dipilah antara sampah organik, non-organik, serta bahan beracun dan berbahaya (B3).

Setelah itu, sampah diangkut menggunakan kapal Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu menuju tempat pembuangan akhir.

Sampai saat ini, Kepulauan Seribu tetap menjadi diminati banyak wisatawan. Keberadaannya yang dekat dari daratan serta keindahan alam yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, menjadi daya tarik Kepulauan Seribu.

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu mencatat 25.722 wisatawan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kepulauan Seribu pada November 2023.

Salah satu tujuan wisatawan di Kepulauan Seribu adalah Pulau Untung Jawa. Pulau penerima Anugerah Desa Wisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada tahun 2021 itu memiliki objek wisata menarik.