Indonesia tingkatkan nilai tambah bambu lewat rumah produksi bersama

id Menkopukm teten,rumah produksi bersama bambu,Bambu manggarai NTT,bambu manggarai

Indonesia tingkatkan nilai tambah bambu lewat rumah produksi bersama

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kiri) saat meninjau Rumah Produksi Bersama (RPB) di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. ANTARA/HO-Kemenkop UKM

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berupaya meningkatkan nilai tambah kerajinan bambu dengan mendirikan Rumah Produksi Bersama (RPB) di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Meski bambu mempunyai potensi yang luar biasa untuk dikembangkan menjadi aneka produk turunan, kita perlu fokus terlebih dahulu pada bambu untuk pengganti kayu. Yaitu, bambu betung sebagai laminasi pengganti kayu keperluan konstruksi," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Teten berharap kehadiran RPB bambu diharapkan mampu menjadi penggerak ekonomi dan menyejahterakan masyarakat. Melalui RPB, nantinya Mama-Mama Bambu akan diajarkan (pelatihan) membuat suvenir dari bambu. Menurutnya, pengembangan kerajinan bambu sama artinya dengan menjalan program ekonomi restoratif.