Cuaca terik wajibkan pengendara perhatikan pendingin mesin, ini penjelasannya

id cuaca terik,panas, mesin panas, alat pendingin, kendaraan panas

Cuaca terik wajibkan pengendara perhatikan pendingin mesin, ini penjelasannya

Penuangan air coolant. (ANTARA/HO-Autochem Industry)

Jakarta (ANTARA) -
Kondisi cuaca yang terik terus membayangi beberapa wilayah di Indonesia tidak menguntungkan bagi kendaraan kesayangan karena performa akan menurun jika tidak diperhatikan secara maksimal.
 
Manager Promosi PT Autochem Industry Dhany Ekasaputra dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (4/11) mengatakan bahwa para pemilik kendaraan disarankan tidak hanya fokus pada pemeliharaan mesin saja, sistem pendingin dari kendaraan juga wajib mendapatkan perhatian lebih pada cuaca panas seperti yang terjadi belakangan ini.
 
“Selain tetap rutin dalam hal pemeliharaan mobil, untuk lebih memastikan kondisi tetap prima, tidak melupakan soal sistem pendinginan mesin juga perlu lebih dicermati,” kata Dhany.
 
 
Dhany juga menerangkan bahwa secara umum panas berlebihan merupakan "musuh" dari mesin kendaraan. Para pemilik perlu memeriksakan beberapa komponen peredam panas seperti kipas elektrik, radiator, hingga water pump.
 
Menurut dia, kondisi itu tidak akan terasa ketika mobil dalam kondisi bergerak (digunakan). Kondisi menjadi tidak menguntungkan jika pemilik kendaraan menemukan kondisi jalan yang padat.