Pemkab OKI himpun konten kreator angkat potensi dan tradisi daerah

id OKI

Pemkab OKI himpun konten kreator angkat potensi dan tradisi daerah

Indonesia Brand Activist Network (IBAN) Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan menggelar Bootcamp Kenduri Konten Kreator untuk melatih anak muda mengangkat potensi daerah. (ANTARA/HO/Diskominfo)

OKI, Sumsel (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera selata himpun dan arahkan kreatifitas konten kreator setempat untuk mengangkat potensi dan tradisi daerah itu melalui "Kenduri Konten Kreator 2023".

"Kenduri Konten Kreator 2023 in jadi ajang para pemuda untuk mengasah kreatifitas, menjadi konten kreator yang mengangkat tradisi dan potensi lokal daerah," kata Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo OKI), Adiyanto di Kayu Agung Ogan Komering Ilir, Senin.

Kadiskominfo menyebutkan kegiatan yang dikemas dalam bentuk pertemuan para konten kreator itu merupakan  kesempatan bagus bagi pemuda untuk mengolah konten yang menarik tapi edukatif,

Ia mencontohkan di salah satu kecamatan di OKI yakni Pampangan ada tradisi sedekah obat. Selama ini  tidak banyak orang yang tahu tapi melalui kreativitas para konten kreator akan menghidupkan kembali ingatan nostalgia akan tradisi yang dilakukan rutin setiap bulan Muharam itu.

"Melalui konten-konten mereka, potensi dan kearifan lokal akan hidup kembali dan bisa mendukung aktivitas kekinian," kata Adi,
 
Pemuda di era modern saat ini punya kesempatan besar untuk turut membangun daerah, khususnya di OKI melalui karya dan gagasan. 
 
"Selamat belajar di Bootcamp Kenduri Konten Kreator, penuhi masa muda dengan banyak pengalaman untuk mengasah minat dan bakat jadi suatu keahlian profesional", imbuhnya.
Indonesia Brand Activist Network (IBAN) Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan menggelar Bootcamp Kenduri Konten Kreator untuk melatih anak muda mengangkat potensi daerah.
 
"Event ini merupakan yang pertama di Sumatera Selatan," kata Ketua IBAN OKI Alvien Damar 
 
Kegiatan ini merupakan ruang kreativitas pagi para penggiat media sosial di Ogan Komering Ilir untuk mengasah kreativitas. Para peserta membuat konten kreatif sekaligus jadi pelaku sejarah adanya Bootcamp Keduri Konten Kreator 2023 pertama. di Sumsel.

"Peserta selama tiga  hari  yakni 27-29 Oktober hadir dengan  penuh inspirasi," kata Alvien di Kampus Berakhlak Teluk Gelam, Kabupaten OKI, Jumat (27/10). 
 
Ia mengatakan selaku masyarakat melayu khususnya OKI tentu akrab dengan kisah rakyat, legenda, dan lainnya yang dapat diangkat jadi konten yang edukatif. 
 
"Ornamen tradisi yang ada di lokasi kegiatan memiliki filosofi bahwa bootcamp Kenduri Kreator ini kita bisa bersenang- senang, ada value history", jelasnya. 
 
Ia berharap, sesuai dengan tema "Mengikat Nostalgia, Memikat Masa Depan", pasca bootcamp ini, mampu mengangkat kearifan lokal dan budaya leluhur pada setiap kreativitas yang dimiliki.