OKU tingkatkan daya tahan balita dengan Vitamin A

id Pemberian Vitamin A, anak dan balita, daya tahan tubuh, Dinas Kesehatan OKU,Palembang,Baturaja,OKU,Vitamin,Vitamin A,Bal

OKU tingkatkan daya tahan balita dengan Vitamin A

Seorang anak di Kabupaten OKU saat diberi Vitamin A di Baturaja, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/23).

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan menggulirkan program pemberian Vitamin A secara gratis kepada anak-anak dan balita di wilayah itu.

Kepala Dinas Kesehatan OKU Dedi Wijaya di Baturaja Kamis mengatakan, pemberian Vitamin A itu dilakukan selama satu bulan 1-31 Oktober 2023 melalui 18 puskesmas yang tersebar di daerah tersebut.

Dedi menjelaskan, bahkan pihaknya melibatkan seluruh satuan pendidikan jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di Kabupaten OKU agar program tersebut bisa berjalan secara maksimal.

Program tersebut menyasar pada anak usia 6-59 bulan untuk diberi vitamin guna meningkatkan daya tahan tubuhnya.

"Hingga saat ini pemberian vitamin sudah terealisasi sekitar 75 persen dari 29.611 target sasaran," katanya.

Dia menjelaskan, pemberian Vitamin A secara gratis itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan Vitamin A bagi anak-anak di Kabupaten OKU khususnya para balita.

Dalam program tersebut pihaknya membagikan dua jenis vitamin, yaitu warna biru untuk bayi usia 6-12 bulan dan warna merah untuk 1-5 tahun.

"Selain balita, ibu menyusui hingga bayi berusia 42 hari juga mendapat Vitamin A secara gratis," katanya.

Anak yang mendapat asupan Vitamin A cenderung memiliki kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit infeksi seperti campak, diare, mata, dan tidak menghambat tumbuh kembang pada anak.

"Target kami seluruh anak dan balita di OKU mendapat Vitamin A sesuai target sasaran hingga batas waktu yang telah ditentukan," kata Dedi.