Atsiri Indonesia sebut Aceh penghasil minyak nilam terbaik dunia

id Aceh,Ekonomi ,Dewan Atsiri Indonesia ,ARC USK,Pertanian ,Tanaman nilam ,Minyak nilam,berita sumsel, berita palembang

Atsiri Indonesia sebut Aceh penghasil minyak nilam terbaik dunia

Ilustrasi - Petugas lab menuangkan minyak atsiri hasil dari tanaman nilam (Pogostemon cablin) produksi petani untuk pengujian standar mutu di Laborarium Atsiri ARC USK) Banda Aceh (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Banda Aceh (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Atsiri Indonesia (DAI) Dr Irdika Mansur menyatakan bahwa Aceh menjadi salah satu penghasil minyak nilam dengan kualitas terbaik di dunia, pengembangan nilam sangat tepat di daerah paling barat Indonesia itu.

"Aceh merupakan sumber penghasil minyak nilam dengan kualitas terbaik di dunia. Aceh salah satu daerah yang sangat cocok pengembangan budidaya nilam, minyak nilam diekspor ke luar negeri," kata Dr Irdika, di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan dalam International Conference On Patchouli And Essential Oil Research Innovation 2023 (IconPEORI 2023) di Gedung ICT USK Banda Aceh.

Irdika mengatakan, Indonesia telah dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah yang  jumlahnya sangat besar secara varian dan kualitas serta banyak yang menghasilkan minyak atsiri.

“Indonesia di antara negara-negara besar penghasil minyak atsiri di dunia dan merupakan produsen utama terpenting minyak pala, dan cengkeh minyak, nilam, dan minyak serai wangi terbesar di dunia," ujarnya.