Ingat ini sebelum konsumen membeli motor rakit

id motor custom,motor rakit,motor modifikasi,peraturan motor custom,peraturan motor rakit,peraturan modifikasi motor

Ingat ini sebelum konsumen membeli motor rakit

Ilustrasi - Pekerja menyelesaikan modifikasi sepeda motor di bengkel Gondes Custom Jombang, Jawa Timur, Senin (3/7/2023). . ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz (ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIF)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu memberikan sejumlah hal penting yang perlu diketahui konsumen sebelum membeli motor modifikasi, yang juga dikenal dengan sebutan motor rakit atau custom.

"Membeli motor rakitan bisa menjadi opsi yang menarik dan unik. Namun, ada beberapa aspek kehati-hatian yang penting untuk diperhatikan agar pengalaman pembelian aman dan sesuai harapan," ujar Yannes saat dihubungi ANTARA, Senin.

Saat ini, kendaraan roda dua hasil modifikasi semakin marak di Tanah Air. Dengan harga relatif lebih murah, seseorang bisa mendapatkan kendaraan yang keluaran tahun lawas dengan tampilan segar sesuai keinginan.

Meski begitu, terkadang pembeli kurang memperhatikan peraturan yang ada mengenai motor modifikasi tersebut. Tak sedikit motor rakit yang mengalami modifikasi total dan mengubah dari bentuk aslinya, sehingga bisa saja melanggar peraturan yang berlaku.