Kemenkes sebut tidak ada penambahan signifikan kasus ISPA

id Kemenkes ,Ispa,Kemarau,berita sumsel, berita palembang,infeksi saluran pernapasan akut

Kemenkes sebut tidak ada penambahan signifikan kasus ISPA

Petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan memasangkan masker kepada bocah di simpang lima DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Palembang, Minggu (1/10/2023). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/YU

Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan menyebutkan tidak ada penambahan signifikan terkait dengan kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) selama musim kemarau tahun ini yang terdampak El Nino.
 
Berdasarkan data Kemenkes, jumlah kasus ISPA pada Mei 2023 mencapai 1.515.070 kasus, Juni turun menjadi 1.305.185 kasus, Juli turun lagi menjadi 1.290.171 kasus, sedangkan Agustus terjadi kenaikan menjadi 1.387.650 kasus.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes dr. Imran Pambudi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengatakan Kemenkes telah mendistribusikan surat kewaspadaan terkait dengan mitigasi dampak ISPA.
 
Ia menjelaskan beberapa poin penting yang menjadi langkah mitigasi Kemenkes, di antaranya meningkatkan deteksi dini ISPA dan pneumonia pada semua kelompok umur serta mengoptimalkan penemuan kasus pneumonia balita di puskesmas dengan melakukan hitung napas bayi dan balita yang batuk dan atau kesulitan bernapas.