Hampir seribu STNK di Makasar terblokir, ini penyebabnya

id tilang etle, stnk terblokir, kendaraan

Hampir seribu STNK di Makasar terblokir, ini penyebabnya

Suasana Kantor Ditlantas Polda Sulsel saat warga melakukan konfirmasi untuk pembukaan blokir STNK yang terekam ETLTE dalam Operasi Zebra Pallawa 2023, di Makassar, Senin (2/10/2023). ANTARA/HO/Ditlantas Polda Sulsel.

Makassar (ANTARA) - Sebanyak 975 surat tanda nomor kendaraan (STNK) di Kota Makassar terblokir karena belum ada penyampaian balik dari pemilik kendaraan usai terjaring Operasi Zebra Pallawa 2023 melalui penindakan dengan menggunakan teknologi electronic traffic law enforcement (ETLE).

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol I Made Agus Prasatya di Makassar, Selasa, mengatakan, semua STNK yang terblokir itu merupakan hasil penindakan langsung melalui kamera pengawas atau ETLE mobile.

"Selama Operasi Zebra Pallawa 2023 dari tanggal 4 hingga 17 September 2023 ada sebanyak 975 STNK yang terblokir. Dari jumlah itu, di antaranya 88 STNK melakukan konfirmasi untuk membuka kembali blokir tersebut," ujarnya.

Kombes Made Agus merinci 740 STNK terblokir di Polrestabes Makassar dengan melakukan konfirmasi 75 pelanggar dan melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel 235 terblokir dengan melakukan konfirmasi 13 pelanggar.

“STNK otomatis terblokir apabila kendaraan terbukti melakukan pelanggaran lalu lintas dan tidak melakukan pembayaran denda tilang. Kalau terblokir maka pemilik tidak bisa melakukan perpanjangan STNK sampai dendanya dibayar," katanya.