Pemerintah Indonesia bantah tudingan kabut asapmelintas ke Malaysia

id kabut asap,menteri lhk,siti nurbaya,asap lintas negara,asap malaysia,karhutla indonesia,karhutla kalteng,karhutla sumsel

Pemerintah Indonesia bantah tudingan kabut asapmelintas ke Malaysia

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman yang tertutup kabut asap di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (1/10/2023). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membantah tudingan soal kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Indonesia melintas ke negara Malaysia.
 
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin, menyatakan komplain Malaysia terhadap kabut asap Indonesia itu tidak benar.
 
"Kami terus mengikuti perkembangan dan tidak ada transboundary haze ke Malaysia," ujar Menteri Siti Nurbaya
.
Berkenaan dengan peta citra asap lintas batas, pihaknya mendapat laporan sandingan peta citra sebaran asap dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan The ASEAN Specialised Meteorological Centre (ASMC) untuk periode tanggal 28-30 September 2023 serta sampai dengan kemarin sore pukul 16.00 WIB.
 
Menurutnya, tidak ada kabut asap lintas batas dari Indonesia menyeberang ke Malaysia.
 
Berdasarkan hasil pantauan ASMC, kata dia, selama beberapa hari tersebut asap terpantau moderat hingga pekat di sejumlah wilayah di Sumatera dan Kalimantan.
 
Pada 1 Oktober 2023 asap mulai pekat di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Sumatera Selatan (Sumsel). Meski demikian asap lintas batas terpantau tidak ada.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. ANTARA/Fathnur Rohman/aa.