Dokter kulit ingatkan pria harus rajin cuci muka dan pakai tabir surya

id Sunscreen, cuci muka, tabir surya, perawatan kulit,perawatan kulit pria,kahf

Dokter kulit ingatkan pria harus rajin cuci muka dan pakai tabir surya

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Pandu Pradana Sp.KK dalam konferensi pers bersama brand perawatan kulit pria Kahf di Jakarta, Jumat (29/9/2023). (ANTARA/Fitra Ashari)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Indonesia dr. Pandu Pradana Sp.KK mengingatkan pria harus rajin mencuci muka dan memakai tabir surya agar mendapatkan kulit yang sehat dan terhindar dari segala macam permasalahan kulit.

"Intinya perawatan standar cuci muka, menjaga kelembaban kulit dengan pelembab dan pakai sunscreen (tabir surya)," kata Pandu.

Cuci muka menjadi perawatan kulit dasar penting untuk laki-laki untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak di wajah. Ketika mencuci muka, usahakan tidak hanya membilas wajah dengan air saja, namun, memakai sabun khusus untuk cuci muka sesuai kondisi kulit.

Pandu juga mengatakan menghidrasi kulit juga penting supaya penggunaan produk perawatan kulit lebih efektif. Ciri-ciri kulit yang sehat, kata Pandu, adalah lembap, tidak berminyak atau berjerawat dan skin barrier (lapisan terluar kulit) terjaga.

Perawatan kulit selanjutnya yang paling penting adalah memakai tabir surya pada wajah untuk menghambat proses penuaan serta menghindari pajanan sinar matahari yang berlebihan untuk cegah kanker kulit.

"Menggunakan tabir surya bukan hanya menghambat proses aging,masalah kulit paling fatal adalah kanker kulit," kata Pandu.