Jasa Raharja Sumsel Januari-Agustus 2023 bayarkan santunan Rp41,3 M

id sumsel,santunan laka,pencegahan kecelakaan,jasa raharja sumsel

Jasa Raharja Sumsel Januari-Agustus 2023 bayarkan santunan Rp41,3 M

Kepala Cabang Jasa Raharja Sumsel Mulkan di Palembang, Selasa (26/9/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan menyalurkan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas dengan total nilai Rp41,3 miliar selama periode Januari-Agustus 2023.

"Kami telah menyerahkan santunan kepada korban kecelakaan senilai Rp41,3 miliar, hingga bulan Agustus 2023 atau naik 8,57 persen, jika dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, senilai Rp37,8 miliar," kata Kepala Jasa Raharja Cabang Sumsel Mulkan di Palembang, Selasa (26/9).

Ia mengatakan adanya kenaikan besaran nilai santunan tersebut menunjukkan jumlah orang yang mengalami kecelakaan lalu lintas meningkat. Korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Sumsel masih didominasi usia pelajar/mahasiswa yaitu 11-25 tahun.

Oleh sebab itu, Jasa Raharja Sumsel melakukan upaya-upaya tindakan pencegahan kecelakaan di antaranya menggencarkan Program Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas (PPKL) ke sekolah atau universitas di wilayah itu.

Pada program ini, pihaknya memberikan edukasi disiplin berlalu lintas kepada tenaga pendidik, sehingga dapat menyampaikan pesan keselamatan tersebut kepada peserta didik dan diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Kemudian, melaksanakan program pencegahan kecelakaan lalu lintas dengan melaksanakan pemasangan rambu atau spanduk imbauan di berbagai titik strategis di Sumsel, baik darat dan perairan. Melakukan SMS blast kepada masyarakat yang berisikan imbauan keselamatan di daerah laka tinggi setiap bulan.

Lalu, mengadakan kegiatan program diklat Pelatihan untuk manajemen dan awak angkutan umum, serta kegiatan sosialisasi yang menyentuh komunitas di masyarakat guna memberi pemahaman dan edukasi tentang pentingnya tertib dan menjaga keselamatan berlalu lintas.

"Jasa Raharja terus konsisten untuk melakukan upaya-upaya pencegahan kecelakaan, dengan terlibat langsung dalam Forum Keselamatan Lalu Lintas di tingkat provinsi dan kabupaten di Sumsel," kata Mulkan.