Dinkes OKU tangani sebanyak 12.322 kasus ISPA

id Penyakit saluran pernapasan, kasus ISPA, pola hidup bersih, Dinkes OKU

Dinkes OKU tangani sebanyak 12.322 kasus ISPA

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menangani sebanyak 12.322 kasus penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang menyerang masyarakat di wilayah itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto di Baturaja, Jumat mengatakan bahwa berdasarkan data pada tahun ini hingga periode Agustus 2023 tercatat sebanyak 12.322 kasus ISPA di Kabupaten OKU.

"Sedangkan, jumlah kasus ISPA di tahun 2022 tercatat sebanyak 23.731 orang," katanya.

Menurut dia, penderita ISPA menyerang semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa dan lansia, namun tidak terdapat pasien yang meninggal dunia.

Andi menjelaskan, infeksi saluran pernapasan akut atau lebih dikenal dengan ISPA merupakan infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernafasan tepatnya di bagian atas.

Bagian saluran pernapasan atas yang dapat terkena virus penyakit ini meliputi hidung, sinus, faring, dan laring.

Penyakit ini sangat mudah menular dan bisa dialami oleh semua kalangan, khususnya para lansia dan anak-anak apalagi saat musim kemarau karena banyak debu beterbangan yang memicu ISPA mudah menyebar luas.

Penyakit ini hampir mirip dengan virus Corona yang menimbulkan peradangan di saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga ke paru-paru sehingga harus diwaspadai oleh masyarakat.

Sebagai upaya pencegahan, Andi mengimbau masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih.

"Sosialisasi tentang PHBS kami gencarkan melalui seluruh puskemas untuk menekan angka ISPA di Kabupaten OKU," ujarnya.