Rupiah Senin menguat, pasar ambil sisi positif pernyataan The Fed

id Rupiah,Dolar,Dolar AS,Kurs,Jackson Hole,The Fed,berita sumsel, berita palembang

Rupiah Senin menguat, pasar ambil sisi positif pernyataan The Fed

Ilustrasi - Petugas menghitung uang dolar AS dan uang Rupiah di salah satu kantor cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, KCU Melawai, Jakarta, Selasa (16/8/2022). ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc/pri.

Jakarta (ANTARA) - Pengamat pasar uang Ariston Tjendra menyatakan rupiah mengalami penguatan terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Senin pagi, karena pasar mengambil sisi positif dari Ketua Dewan Gubernur The Fed Jerome Powell dalam pertemuan Simposium Jackson Hole pada akhir pekan yang lalu, sehingga minat pasar terhadap aset berisiko meninggi.

"Powell mengatakan bahwa pertumbuhan perekonomian tidak menurun seperti yang diperkirakan sebelumnya. Ekonomi AS tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan dan konsumen juga terus melakukan belanja," ujar dia ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Adapun sisi negatif dari pernyataan tersebut adalah pertumbuhan ekonomi yang cepat akan mendorong kebijakan moneter yang lebih ketat untuk menahan inflasi.

Pagi ini, lanjut dia, indeks saham Asia terlihat bergerak naik, yang bisa diartikan sentimen terhadap risiko sedang bagus.