Kemendagri tinjau harga bahan pokok di Palembang cegah inflasi

id sumsel,pengendalian inflasi,tpid

Kemendagri tinjau harga bahan  pokok di Palembang cegah inflasi

Analisis Kebijakan Ahli Madya Substansi Perindustrian dan Perdagangan Kemendagri Nyimas Dwi koryati (dua dari kiri) saat diwawancarai di Palembang, Selasa (22/8/2023) (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meninjau harga bahan pokok di salah satu pasar Kota Palembang, Sumatra Selatan sebagai salah satu upaya untuk mencegah dan mengendalikan inflasi.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka monitoring untuk mencegah inflasi dan juga melihat bagaimana pengendalian inflasi di Kota Palembang dilaksanakan,” kata Analisis Kebijakan Ahli Madya Substansi Perindustrian dan Perdagangan Kemendagri Nyimas Dwi koryati saat diwawancarai di Palembang, Selasa.

Ia mengatakan jika Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumsel dan Kota Palembang dapat mengendalikan harga pangan, sehingga inflasi daerah masih di bawah rata-rata nasional. Sebelumnya, peninjauan serupa juga telah dilakukan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel.

Hal tersebut terbukti saat pihaknya melakukan peninjauan di Pasar KM 5 Palembang yang rata-rata harga kebutuhan masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET), namun mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu dari Rp40.000 per kilogram menjadi Rp45.000 per kilogram.