Sriwijaya Lantern Festival 2023 data tarik wisatawan

id sumsel,slf 2023,pesta lampion,pemprov sumsel

Sriwijaya Lantern Festival 2023 data tarik wisatawan

Gubernur Sumsel Herman Deru (tengah) saat membuka Sriwijaya Lantern Festival 2023, di Palembang, Jumat (11/8/2023). ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) menjadikan Sriwijaya Lantern Festival 2023 untuk menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk mengunjungi tempat berlangsung festival tersebut.

"Kegiatan ini mampu menarik pengunjung dan menarik orang untuk datang, apalagi Palembang ini punya banyak kreativitas," kata Gubernur Sumsel Herman Deru, usai menghadiri Sriwijaya Lantern Festival 2023, di Palembang, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan itu juga memadukan seni budaya tradisional Indonesia dan oriental, dengan mengusung tema 'Kita Jalin Kebersamaan dan Harmonisasi Menuju Indonesia Maju'. Maka dari itu, pihaknya akan semakin gencar mempromosikan agar wisatawan yang berkunjung lebih banyak lagi.

“Ini perbuatan baik yang harus didukung, festival ini memang sebelumnya sudah diselenggarakan juga. Promosi yang biasa saja sudah ramai seperti ini apalagi kalau promosinya makin ditingkatkan lagi, nanti kami akan membantu promosikan supaya mengundang wisatawan mau berkunjung,” katanya pula.

Selain itu, festival tersebut dipenuhi dengan warna-warni lampion yang menghiasi dinding sekolah dan dapat memanjakan mata kegiatan lainnya, yaitu bazar kuliner nusantara, berbagai lomba, aneka spot foto, dan beberapa lainnya, kata Deru.

Ketua Yayasan Cahaya Maitreya Palembang Ali mengatakan festival tersebut sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2020 dan antusias pengunjung cukup tinggi.

"Sebenarnya sudah digelar sejak 2020 dan jadi agenda pariwisata, bahkan saat itu ada ratusan ribu pengunjung yang datang baik dalam maupun luar kota," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan itu digelar selama dua bulan lamanya, mulai dari 11 Agustus sampai dengan 30 September 2023 mendatang, dan pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp15 ribu saja per orang.

“Acara akan dimulai pukul 18.30 WIB pada tanggal pembukaan, dan pengunjung dapat merasakan serunya festival dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB, kecuali pada hari Senin dan Selasa yang menjadi hari libur,” ujarnya lagi.

Selain itu, pihaknya memastikan agar setiap pengunjung merasa terhibur dalam setiap acara-acara spektakuler yang diadakan selama periode festival, kata Ali.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sumsel jadikan Sriwijaya Lantern Festival 2023 tarik wisatawan